Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015)

OKTAVIANI MARISYAH, NIA (2014) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) 1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang menjadi dasar dari proses pembelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran matematika yang diharapkan tepat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. (1) Untuk mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. (2) Untuk mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. (3) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik jika dibandingkan dengan yang mendapatkan pembelajaran biasa. (4) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Serang semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 10 kelas, dengan dua kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. (2) Kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. (3) Peningkatan Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. (4) Peningkatan Kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi198009242006042002
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:50
Last Modified: 13 Apr 2022 11:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item