FAUZI, AHMAD (2015) PENGEMBANGAN BUKU SAKU ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI UNTUK SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
pengembangan buku saku archaebacteria dan eubacteria sebagai bahan ajar biologi untuk siswa sm.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Teaching material was one of the important parts and included factors that determined the success of the learning process. It related to teaching objectives achievement. This research aimmed to develop a pocket book of Archaebacteria and Eubacteria in high school for 10th grade and determined feasibility of Archaebacteria and Eubacteria pocket books as teaching materials. The applied method was a method of research and development. The study was conducted from August to September 2014 at University of Sultan Agung Tirtayasa, SMAN 1 Serang , SMAN 2 Serang, SMAN 5 Serang, MAN 2 Serang , and SMAN 11 Tangerang regency. Likert scale was applied as data processing. The study was divided into several stages, such as problem analysis, information collecting with developing initial product, expert validation, revision, limited scale product testing, evaluation and reporting. The product development of teaching materials result in the form of printed teaching materials pocket book entitled "Buku Dunia Mikroskopis Archaebacteria Eubacteria". It was adapted to Curriculum 2013 with strengthening spiritual attitude, social attitudes, skills, and knowledge. The feasibility as teaching materials had a value about 81, 14% to intense decent category and students' initial response to interest of pocket book was around 81, 34% strongly agree category. Based on the research results, Archaebacteria and Eubacteria pocket books were very decent as Biology teaching materials in high school for 10th grade and it was accordance with Curriculum 2013.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Bahan ajar adalah salah satu bagian penting dan termasuk faktor yang menentukan keberhasilan pada proses belajar mengajar yang berkaitan dengan ketercapaian tujuan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku Archaebacteria dan Eubacteria sebagai bahan ajar biologi untuk SMA kelas X dan mengetahui kelayakan dari buku saku Archaebacteria dan Eubacteria sebagai bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai September 2014 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, SMAN 1 Kota Serang, SMAN 2 Kota Serang, SMAN 5 Kota Serang, MAN 2 Kota Serang, dan SMAN 11 Kabupaten Tangerang. Teknik pengolahan data dengan menggunakan skala likert. Penelitian dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu analisis masalah, pengumpulan informasi, mengembangkan produk awal, validasi ahli, revisi, uji coba produk skala terbatas, evaluasi dan laporan. Hasil produk pengembangan bahan ajar berupa bahan ajar cetak yaitu buku saku dengan judul “Buku Dunia Mikroskopis Archaebacteria Eubacteria”. Buku saku disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dengan penguatan sikap spiritual, sikap sosial, keterampilan, dan pengetahuan. Kelayakan buku saku sebagai bahan ajar memiliki nilai 81, 14 % dengan kategori sangat layak dan respon awal siswa terhadap buku saku adalah tertarik yang memiliki nilai 81, 34 % dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian buku saku Archaebacteria dan Eubacteria sangat layak sebagai bahan ajar biologi untuk SMA kelas X dan sesuai dengan kurikulum 2013. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Buku Saku, Kurikulum 2013, Archaebacteria, Eubacteria | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:07 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2022 09:35 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12389 |
Actions (login required)
View Item |