Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen Di SMP Negeri 1 Menes)

SETIAWATI, TIYA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen Di SMP Negeri 1 Menes). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN ~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematisnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran MEA menggunakan metode GI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran MEA menggunakan metode GI lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran MEA menggunakan metode GI lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran MEA mengunakan metode GI. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Menes yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilih dua kelas yang telah dipilih secara acak, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan VIII J sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran MEA menggunakan metode GI lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran MEA menggunakan metode GI lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran MEA mengunakan metode GI. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka model pembelajaran MEA mengunakan metode GI dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dapat diterapkan di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorASIH VIVI YANDARI, INDHIRA196906292003122001
Thesis advisorJAENUDIN, JAENUDIN197901072009121003
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Metode Group Investigation (GI), Berpikir Kritis Matematis, Sikap Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:39
Last Modified: 13 Apr 2022 11:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12388

Actions (login required)

View Item View Item