Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFICAPPROACH PADA KONSEP STATISTIKA DAN PELUANG UNTUK SISWA SMP (PenelitianPengembangan di Kelas VII SMP Negeri2 Cilegon)

SARI, AYRIN WIDYA MUSTIKA (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFICAPPROACH PADA KONSEP STATISTIKA DAN PELUANG UNTUK SISWA SMP (PenelitianPengembangan di Kelas VII SMP Negeri2 Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFICAPPROACH PADA KONSEP STATISTIKA .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kurikulum baru sehingga bahan ajar cetak yang ada memiliki keterbatasan dalam menyajikan ilustrasi dalam komponenscientific approach. Selain itu, dikarenakan pentingnya perkembangan ilmu teknologi informasi dan komunikasi saat ini yang berguna dalam pembuatan media pembelajaran yang efektif.Oleh karena itu, produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar interaktif berbasis scientific approach pada konsep statistika dan peluang untuk siswa SMP. Bahan ajar interaktif berbasis scientific approach ini mencakup lima komponen scientific approach diantaranya: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Development & Research). Dalam penelitian ini dilakukan sampai tahap ke tujuh yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk terhadap 9 siswa di SMP Negeri 2 Cilegon, dan revisi produk. Berdasarkan hasil uji ahli matematika diperoleh presentase sebesar 89,28%; uji ahli pendidikan sebesar 97,916%; uji ahli multimedia 86,875%, sedangkan perolehan hasil angket siswa pada uji coba sebesar 87,78%. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahan ajar interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008012016
Thesis advisorJaenudin, Jaenudin197901072009121003
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar interaktif, Scientific Approach, Statistika, Peluang
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:07
Last Modified: 18 Jul 2022 09:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12385

Actions (login required)

View Item View Item