Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 19 KABUPATEN TANGERANG

RAHMANIA, YOSI (2016) HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 19 KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

This research was aimed to comprehend the learning outcomes of class X student’s in problem based learning in method environmental pollution concept. Dimensions application of measured were cognitive, affective and psychomotor. This research was conducted on May 2015. The population of the research were the all student’s in X grade of SMA N 19 Kab.Tangerang on academic year of 2015-2016 with sample was class X1 and taken by purposive sampling. Student’s cognitive learning outcomes measured by objective test. Affective learning outcomes were measured by questionnaire. Psychomotor ability measured by observation sheet. The result showed that the cognitive ability was 70,25 with good category. Affective ability was 72,12 with good category and psychomotor ability was 89,5 with very high category. So we get the conclusion that the learning outcomes of class X student’s in problem based learning in method environmental pollution concept is good and we can to aplication it in SMA N 19 Kab. Tangerang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirdaus, Najmi198003112005011002
Thesis advisorRachmawati, Dian198412242009122005
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X melalui model Problem Based Learning pada konsep pencemaran lingkungan. Aspek yang diukur meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel penelitian kelas X1 ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kemampuan kognitif diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda. Kemampuan afektif diukur dengan menggunakan angket. Kemampuan psikomotor diukur dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa adalah 70,25 termasuk kedalam kategori baik, nilai rata-rata kemampuan afektif siswa adalah 72,12 termasuk dalam kategori baik, dan nilai rata-rata kemampuan psikomotor siswa adalah 89,5 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X melalui pembelajaran berbasis masalah pada konsep pencemaran lingkungan adalah baik dan dapat diterapkan di SMAN 19 Kabupaten Tangerang.
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Environmental pollution, problem based learning. Hasil belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, dan Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:41
Last Modified: 13 Apr 2022 11:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12383

Actions (login required)

View Item View Item