Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen di MTs.Islamiyah Kubangkarees)

FIRMANSYAH, DENI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen di MTs.Islamiyah Kubangkarees). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMA2.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kemampuan komunikasi matematis diperlukan dalam pembelajaran matematika karena matematika bukan sekedar alat bantu untuk menemukan pola, menyelesaikan masalah atau mengambil kesimpulan, tetapi matematika merupakan alat untuk mengkomunikasikan ide. Menurut hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MTs.Islamiyah Kubangkarees model pembelajaran yang digunakan hanya kooperatif saja yaitu siswa hanya belajar secara kelompok dan mengerjakan soal sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa tidak terlihat. upaya untuk mengatasi persoalan di atas adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilaksanakan di MTs.Islamiyah kubangkarees tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel diambil dua kelas yang terpilih sebagai kelas ekperimen menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran kooperatif. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat model two stray two stay dibanding yang mendapat pembelajaran kooperatif. Sehingga model Two Stay Two Stary bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs.Islamiyah kubangkarees.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorASIH VIVI YANDARI, INDHIRA196906292003122001
Thesis advisorIHSANUDIN, IHSANUDIN197902162010121001
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Komunikasi matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:25
Last Modified: 13 Apr 2022 11:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12371

Actions (login required)

View Item View Item