Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KONFLIK BATIN DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

KURNIASIH, KIKI (2015) KONFLIK BATIN DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
2. KONFLIK BATIN DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KONFLIK BATIN DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA) oleh KIKI KURNIASIH NIM.2222102947 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikiut: (1) Bagaimana konflik batin dalam novel Bumi CInta karya Habiburrahman El Shirazy dikaji dengan psikologi sastra?, (2) Bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA berdasarkan novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy?. Penelitian ini bertujuan untuk (!) Mendeskripsikan konflik batin tokoh utama novel karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul Bumi Cinta dengan kajian psikologi sastra, (2) Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra di SMA dengan menggunakan novel Bumi Cinta karya habbiburrahman El Shirazy. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah para tokoh yang mengalami konflik batin dan sumber datanya dari novel Bumi Cinta. Teknik yang dugunakan dalam penelitian in adalah teknik pengumpulan data, adapun proses pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan dua teknik, yaitu teknik studi pustaka dan teknik simak-catat. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam penelitian ini ditemukan 15 konflik batin yang terdapat pada karakter tokoh. Simbol konflik batin pertama ditemukan pada karakter tokoh utama yaitu Muhammad Ayyas yang terdiri dari Penolakan, Identifikasi dengan penyerangan, Pembentukan reaksi, Rasionalisasi, Proyeksi, dan Asketisme. Pada tokoh Yelena, terdiri atas Melawan diri sendiri, Asketisme, Isolasi, Tawanan Aktruistik, Proyeksi, dan Pembentukan reaksi =. Karakter tokoh terakhir ialah Linor yang mempunyai karakter antagonis, konflik batin yang ditemukan yaitu : ingin tahu, melawan diri sendiri dan subkumasi. Novel Bumi Cinta karya Habibburrahman El Shirazy dapat dijadikan sebahai bahan pembelajaran sastra di SMA karen novel ini menyajikan tentang persoalan-persoalan kehidupan manusia yang sangat mendidik dan dihadirkan dengan jalan (alur) cerita yang komplek, yaitu psikologi yang terdapat dalam novel ini pun memenuhi kriteria untk dijadikan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra berdasrkan aspek bahasa,psikologi, dan latar belakang sosial budaya. Penyususnan rencana pembelajaran sastra di SMA berdasrkan novel BumiCinta karya Habibburrahman Ej Shiraxy dibuat atau disusun sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum 2013 pada kelas XII semester 2 di SMA. Kata Kunci : Psikologi Sastra, Konflik Batin, Novel Bumi Cinta, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHusnul Mawadah, Ade197906292005012004
Thesis advisorSupena, Ahmad197804232008011010
Uncontrolled Keywords: Psikologi Sastra, Konflik Batin, Novel Bumi Cinta, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:36
Last Modified: 13 Apr 2022 11:36
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12360

Actions (login required)

View Item View Item