Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Cipanas)

Fitriana, Ida (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Cipanas). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa dan keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan keaktifan belajar siswa, salah satunya adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Group Investigation (GI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik group investigation dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan kedua keaktifan belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik group investigation dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pertama, kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik group investigation tidak lebih baik dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan kedua keaktifan belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif dengan teknik group investigation lebih baik dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFATHURROHMAN, MAMAN198209252006041001
Thesis advisorSUDIANA, RIA198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Penalaran Matematis, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:11
Last Modified: 13 Apr 2022 11:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

View Item View Item