Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (suatu Penelitian di SMP Negeri Kota Serang)

MUNAWAROH, JAHROTUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (suatu Penelitian di SMP Negeri Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKAT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa terhadap mata pelajaran matematika. Dalam pembelajaran siswa tidak sering dihadapkan pada masalah mengenai pemahaman matematis dan memanipulsi alat peraga yang dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi. Selain aspek pengetahuan, aspek sikap pun dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa, salah satunya adalah kemandirian belajar. Diantara beberapa model dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran matematika, model dan pendekatan yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman matematis, dalam pembelajarannya berpusat pada siswa, belajar secara berkelompok dan belajar mandiri adalah dengan model Group Investigation (GI )dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis serta kemandirian belajar siswa yang diberikan model Group Investigartion (GI )dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMP di kota Serang pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas dan jumlahnya sebesar 78 siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis serta kemandirian belajar siswa yang mendapat model Group Investigation (GI ) dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNINDIASARI, HEPSI197803212005012002
Thesis advisorJAENUDIN, JAENUDIN197901072009121003
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemandirian Belajar Siswa, Model Group Investigation (GI ) dengan Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:47
Last Modified: 13 Apr 2022 10:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12333

Actions (login required)

View Item View Item