Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 6 Kota Serang)

Iva Rizkiyah, Ratu (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 6 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Penerapan Model Pembelajaran Elaborasi Menggunakan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Pe2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, karena sangat penting dalam memahami konsep matematis selanjutnya, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Alternatif pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran dengan model pembelajaran elaborasi menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran elaborasi menggunakanstrategi PQ4R dengan pendekatan scientic, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran elaborasi menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan scientic untuk kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kota Serang pada semester genap tahun ajaran 2014/2015.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas dari delapan kelas yang ada, dengan menggunakan teknik cluster sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran elaborasi menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran elaborasi menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan scientific untuk kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMARETHI, INDIANA197903312005012001
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, karena sangat penting dalam memahami konsep matematis selanjutnya, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Alternatif pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran dengan model pembelajaran elaborasi menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran elaborasi menggunakanstrategi PQ4R dengan pendekatan scientic, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran elaborasi menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan scientic untuk kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kota Serang pada semester genap tahun ajaran 2014/2015.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas dari delapan kelas yang ada, dengan menggunakan teknik cluster sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran elaborasi menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran elaborasi menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan scientific untuk kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Elaborasi, Strategi PQ4R, Pendekatan Scientific, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:38
Last Modified: 13 Apr 2022 10:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item