Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN GEJALA ALAM DI KELAS VI SEKOLAH DASAR Penelitian Tindakan Kelas Pokok Bahasan Gejala Alam Terhadap Siswa Kelas VI SDN Cipari 1 Kabupaten Tangerang

Sintiani Anwar, Asri (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN GEJALA ALAM DI KELAS VI SEKOLAH DASAR Penelitian Tindakan Kelas Pokok Bahasan Gejala Alam Terhadap Siswa Kelas VI SDN Cipari 1 Kabupaten Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

The objective of this study is increasing the students’ outcome on social subject by applying the learning model portofolio. This study belongs to classroom action research that have two cycles whichh appropriate with Spiral frrom Kemmis and Mc Taggart. The subject of the study is 48 students class IV of SDN cipari 1, Panongan Tangerang. The data were collected by using test, observed the teacher and students’ activity with Likert cycle, interview and documentation. The findings show that the average score of the pra cycle of test is 67.25 and completeness criteria is 35.41 %. The test in cycle 1 was 77.22 and completeness criteria was 75%. the prospect target was 80% with the average score 80, so that the cycle 1 was unappropriate with the indicator. The average score of the students test in the cycle 2 was 89.89 and the prospect criteria was 93.75%, it meant the indicator was success. Therefore, it can be concluded that the learning by using portofolio model can increase the students’ outcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDAMANHURI, DAMANHURI198203032006041004
Thesis advisorRAHMAN HAKIM, ZERRI198003312010121002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada 2 siklus sesuai dengan alur spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah 48 siswa kelas VI SDN Cipari 1, Panongan Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar siswa, observasi aktivitas guru dan siswa dengan skala Likert, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus tes hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 67.25 dan kriteria ketuntasan yaitu 35.41%. Pada siklus I tes hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 77.72 dan kriteria ketuntasan yaitu 75% target yang diharapkan 80% dengan nilai rata-rata 80 sehingga pada siklus I belum sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus II tes hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 89.89 dan kriteria ketuntasan yaitu 93.75% yang berarti bahwa indikator keberhasilan yang diharapkan telah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Uncontrolled Keywords: Outcomes social learning, Portofolio learning model. Hasil belajar IPS, model pembelajaran berbasis portofolio.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:34
Last Modified: 13 Apr 2022 10:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12328

Actions (login required)

View Item View Item