Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI dan MOTIVASI BELAJAR MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 15 Kota Serang)

Rohmah, Rohmah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI dan MOTIVASI BELAJAR MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 15 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN MOTIVASI BELAJAR .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

This research is motivated by the low communication ability and motivation to learn mathematical junior high school students, so it is necessary to find an alternative learning that can improve communication skills and motivation of students' mathematical learning. Alternative learning used is learning by learning model Aptitude Treatment Interaction (ATI). This study aims to determine: Achieving end mathematical communication skills of students who get teaching model Aptitude Treatment Interaction (ATI); improvement of communication skills students acquire mathematical learning model Aptitude Treatment Interaction (ATI); and how the mathematical learning motivation of students who get teaching Aptitude Treatment Interaction. The research was conducted in SMP Negeri 15 Kota Serang on odd semester academic year 2015/2016. The method used is the quasi-experimental method. Samples taken as many as two classes of eight classes, using cluster sampling technique. Instruments used in the form of test instruments and non-test. Test instruments and instruments in the form of a description about the non-test questionnaire student motivation. The results obtained in this study indicate that: the final achievement and improvement of communication skills students acquire mathematical learning model Aptitude Treatment Interaction (ATI) is better than getting conventional learning and the motivation to learn mathematical almost all students want a success, students have ideals ideals in the future, the award, interesting activities so as not to get bored and conducive environment as well as most of the students requires a boost in learning.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMARETHI, INDIANA197903312005012001
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematis siswa SMP, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematis siswa. Alternatif pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pencapaian akhir kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI); peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI); dan bagaimana motivasi belajar matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Aptitude Treatment Interaction. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Kota Serang pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas dari delapan kelas yang ada, dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen non-tes berupa angket motivasi siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan dalam motivasi belajar matematis hampir seluruh siswa menginginkan adanya keberhasilan, siswa mempunyai cita-cita di masa depan, penghargaan, kegiatan yang menarik supaya tidak bosan dan lingkungan yang kondusif serta sebagian besar siswa membutuhkan adanya dorongan dalam belajar.
Uncontrolled Keywords: Learning Model Aptitude Treatment Interaction (ATI), Mathematical Ability Communication, Motivation Mathematical. Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:30
Last Modified: 13 Apr 2022 10:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12322

Actions (login required)

View Item View Item