Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen)

FERDIAN RAMADHAN, M. RISKI (2015) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAM2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Scientific, serta peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Scientific. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari delapan kelas yang ada, yang terpilih sebagai kelas ekperimen dan kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala kemandirian belajar. Setelah data dikumpulkan kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis statistik parametrik dan non parametrik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (3) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific dan (4) peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Thesis advisorMARETHI, INDIANA197903312005012001
Additional Information: Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Scientific, serta peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Scientific. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari delapan kelas yang ada, yang terpilih sebagai kelas ekperimen dan kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala kemandirian belajar. Setelah data dikumpulkan kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis statistik parametrik dan non parametrik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (3) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific dan (4) peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning dengan teknik Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Think Pair Share (TPS), Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:25
Last Modified: 13 Apr 2022 10:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12318

Actions (login required)

View Item View Item