Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen Kelas VII di Salah Satu SMP di Kabupaten Serang)

SONIA SETYAWARNI, RESTU (2015) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen Kelas VII di Salah Satu SMP di Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk dapat mengaplikasikan prosedur, konsep, maupun proses dalam pembelajaran matematika. Dalam kegiatan pembelajaran, kemandiriaan belajar juga sangat penting, karena kemandirian belajar merupakan sikap pribadi yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Dalam pembelajaran matematika siswa harus dilibatkan penuh secara aktif dalam proses belajarnya. Salah satu solusi meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar adalah menggunakan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT terhadap pencapaian akhir dan peningkatan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Serang tahun ajaran 2014/2015 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel pada penelitian ini dipilih secara cluster random sampling dengan memilih dua kelas. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNINDIASARI, HEPSI197803212005012002
Thesis advisorMARETHI, INDIANA197903312005012001
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk dapat mengaplikasikan prosedur, konsep, maupun proses dalam pembelajaran matematika. Dalam kegiatan pembelajaran, kemandiriaan belajar juga sangat penting, karena kemandirian belajar merupakan sikap pribadi yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Dalam pembelajaran matematika siswa harus dilibatkan penuh secara aktif dalam proses belajarnya. Salah satu solusi meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar adalah menggunakan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT terhadap pencapaian akhir dan peningkatan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Serang tahun ajaran 2014/2015 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel pada penelitian ini dipilih secara cluster random sampling dengan memilih dua kelas. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan metode kooperatif tipe NHT lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan biasa.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kooperatif Tipe NHT, Pemahaman matematis, Kemandirian Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:22
Last Modified: 13 Apr 2022 10:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item View Item