Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Materi Cuaca dan Pengaruhnya Terhadap Manusia dan Lingkungan pada Siswa Kelas III SDN Pabuaran 3 Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang)

Setiawan, Sigit (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Materi Cuaca dan Pengaruhnya Terhadap Manusia dan Lingkungan pada Siswa Kelas III SDN Pabuaran 3 Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

This research purposes to improve outcomes and activities learning of students in science subjects. The method used is a Class Action Research (CAR). The research was conducted during two cycles, each cycle consisting of one meeting. The instruments used are tests and observation. Results from this study and the results obtained students' learning activities in science subjects has increased. Completeness student learning outcomes which achieve the minimum completeness criteria (MCC) 20% in pre-cycle, 40% in the first cycle, and 93% in the second cycle. Furthermore, learning activities of students who achieve a minimum category value indicator of success 60% in the first cycle and 93% in the second cycle. Based on the results of this study concluded that learning by using a model of the type of group investigation cooperative learning can improve student’s outcomes and activities learning.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA197901092005011002
Thesis advisorNULHAKIM, LUKMAN197904092007101001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil dari penelitian ini didapat hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada prasiklus 20%, siklus I 40%, dan siklus II 93%. Selanjutnya aktivitas belajar siswa yang mencapai nilai kategori minimal indikator keberhasilan pada siklus I 60% dan siklus II 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.
Uncontrolled Keywords: science learning, cooperative learning group type of investigation, learning outcomes, learning activities pembelajaran IPA, cooperative learning tipe group investigation, hasil belajar, aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:12
Last Modified: 13 Apr 2022 10:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12304

Actions (login required)

View Item View Item