Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH TEKNIK JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA KELAS VII SMP PGRI BALARAJA

Nurfattihah, Rizqi (2015) PENGARUH TEKNIK JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA KELAS VII SMP PGRI BALARAJA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH TEKNIK JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA KELAS VII SMP PGRI BALARAJA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil pembelajaran apresiasi puisi yang menggunakan teknik jigsaw, 2) mengetahui hasil pembelajaran apresiasi puisi yang tidak menggunakan teknik jigsaw, 3) mengetahui perbedaan hasil pembelajaran apresiasi puisi antara siswa yang menggunakan teknik jigsaw dengan teknik konvensional. Hipotesis penelitian yang diuji adalah terdapat perbedaan hasil pembelajaran apresiasi puisi antara siswa yang menggunakan teknik jigsaw dan teknik konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama PGRI Balaraja Kabupaten Tangerang Banten Tahun Pelajaran 2014/2015.Alat analisis lain yang juga digunakan untuk pengambilan keputusan adalah uji t pairs sampel. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 35 siswa yang berada di kelas A dan B. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random dilakukan undian terhadap dua kelas yang berada di tahun 2014/2015. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah: 1) Pada kelompok eksperimen, yakni kelompok yang menggunakan teknik jigsaw, diketahui nilai apresiasi puisi rata-rata pretest siswa sebesar 5,54 dari skala 10, sedangkan pada saat dilakukan postest nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 6,74. Hal ini berarti terdapat kenaikan hasil pembelajaran apresiasi puisi yang menggunakan teknik jigsaw.2) Pada kelompok kontrol, yakni yang tidak menggunakan teknik jigsaw, diketahui nilai apresiasi puisi rata-rata pretest siswa sebesar 5,68 dari skala 10, sedangkan pada saat dilakukan postest nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 6,17. Hal ini berarti juga terdapat kenaikan hasil pembelajaran apresiasi puisi yang menggunakan teknik jigsaw. Kenaikan ini diperkirakan karena siswa juga ikut belajar karena mengetahui akan ada postest nantinya.3) Perbedaan hasil pembelajaran apresiasi puisi antara siswa yang menggunakan teknik jigsaw dengan teknik konvensional dapat dibuktikan dari hasil perbedaan pretest maupun postest antara kelompok yang memakai teknik jigsaw dengan yang bukan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorTustiantina, Diana198212052006042002
Uncontrolled Keywords: teknik jigsaw, apresiasi puisi, hasil belajar,
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:00
Last Modified: 03 Jun 2022 09:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item View Item