Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBINAAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBIASAAN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 40 CILEGON

Alawiyah, Yuli (2015) PEMBINAAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBIASAAN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 40 CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Pembinaan Moral Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Pembiasaan Di Taman Kanak-Kanak Al-Azhar 40 Cilegon.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (5MB)

Abstract

Fostering moral is excellent given to children from an early age , because in this age children have the ability to record and store all the experience in the long-term memory , it will be easier when the child is learning to understand the moral values when later adulthood , additionally learning it memorable and fun surely it will always be remembered by the child until whenever . In this case the role of the teacher in the school is very important in fostering morality in early childhood , as a teacher for young children is a role model , therefore, whatever was done by the teacher will be imitated by children . Based on the results of that research in fostering morality in children aged 4-5 years in kindergarten Al Azhar 40 Cilegon require a relatively long time , because of the moral development of early childhood teachers implanting through habituation conducted daily , done continuously , given by patience , compassion through good example . Besides the support and joining of parents also determines and affects the fostering morale children aged 4-5 years in kindergarten Al Azhar 40 Cilegon . And with the passing of time children in kindergarten Al Azhar 40 Cilegon own behavior in line with expectations and norms prevailing in the neighborhood.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAfiati, Evi197908012006042003
Thesis advisorSuhaya, Suhaya197204132008121001
Additional Information: Pembinaan moral sangat baik diberikan kepada anak sejak usia dini, karena pada usia ini anak memiliki kemampuan merekam dan menyimpan semua pengalamannya didalam memori jangka panjang, hal ini akan mempermudah ketika anak memahami pembelajaran nilai-nilai moral ketika kelak dewasa, apalagi pembelajaran itu berkesan dan menyenangkan pasti hal itu akan selalu diingat oleh anak sampai kapanpun. Dalam hal ini peran guru di sekolah sangat penting dalam melakukan pembinaan moral pada anak usia dini, karena sosok guru bagi anak usia dini adalah sosok panutan, oleh karena itu apapun yang dilakukan oleh guru akan ditiru oleh anak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam melakukan pembinaan moral pada anak usia 4-5 tahun di TK Al Azhar 40 Cilegon memerlukan waktu yang relative panjang, karena dalam pembinaan moral anak usia dini guru menanamkannya melalui pembiasaan yang dilakukan sehari-hari, dilakukan terus menerus, diberikan dengan penuh kesabaran, kasih sayang melalui contoh teladan. Selain itu dukungan dan kerjasama dari orang tua juga ikut menentukan dan mempengaruhi dalam pembianaan moral anak usia 4-5 tahun di TK Al Azhar 40 Cilegon. Dan seiring dengan berjalannya waktu anak-anak di TK Al Azhar 40 Cilegon sudah memiliki prilaku yang sesuai dengan harapan dan norma yang berlaku di lingkungan sekitar.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembinaan Moral dan Pembiasaan Keywords : Fostering moral and through habituation
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 15:10
Last Modified: 12 Apr 2022 15:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12218

Actions (login required)

View Item View Item