Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH SUHU DAN HOLDING TIME PADA PROSES TEMPERING DENGAN MEDIA PENDINGIN OLI SAE 20 TERHADAP KEKERASAN DAN LAJU KOROSI PADA BAJA AISI 1045

ARYO BAKTI, PANJI (2015) PENGARUH SUHU DAN HOLDING TIME PADA PROSES TEMPERING DENGAN MEDIA PENDINGIN OLI SAE 20 TERHADAP KEKERASAN DAN LAJU KOROSI PADA BAJA AISI 1045. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pengaruh Suhu Dan Holding Time Pada Proses Tempering Dengan Media Pendingin Oli SAE 20 Terhadap 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This research to know influence tempering temperature and holding time at tempering to hardness, micro structure and rate of corrosion steel AISI 1045 which is carburizing and quenching oil SAE 20. Used material in research is steel AISI 1045 and supported other subtance look ike coconut shell charcoal, calsium carbonate and oil SAE 20. Make testing sample with dimension diameter 30mm and thick 20 mm as many as 10 pieces. Sample put in box with mix mediation coconut shell charcoal 80% and 20% calsium carbonate then heated at temperature 850ºC with holding time until three hours after that quenching with oil SAE 20 after proces pack carburizing then do proces tempering with variation 200ºC, 300ºC, 400ºC and holding time 20 minutes, 60 minutes and 120 minutes. Tested is chemichal compotition, microstructure, hardness and corrosion. Hardness test with hardness rockwell testing machine. Research result indicate become increase hardness on steel AISI 1045 after proces carburizing which quenching oil SAE 20 and tempering. Highest hardness at sample A2 with point 60,4 HRC.meanwhile hardness point lowest at sample raw with poin 17,8 HRC

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSunardi, Sunardi197312052006041002
UNSPECIFIEDFawaid, Moh198008302008121001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi suhu tempering dan holding time pada saat tempering terhadap kekerasan, struktur mikro dan laju korosi pada baja AISI 1045 yang telah dicarburizing dan diquenching oli SAE 20. Material yang digunakan pada penelitian ini adalah baja AIS 1045 dan bahan pendukung lain seperti arang tempurung kelapa, kalsium karbonat dan oli SAE 20. Sampel pengujian dibuat dengan ukuran diameter 30 mm dan tebal 20 mm sebanyak 10 buah. Sampel dimasukkan kedalam kotak dengan media campuran arang tempurung kelapa sebanyak 80% dan kalsium karbonat sebanyak 20% kemudian dipanaskan pada temperatur 850°C dengan holding time selama 3 jam setelah itu diquenching dengan oli SAE 20. Setelah proses pack carburising kemudian dilakukan proses tempering dengan variasi suhu 200°C, 300°C,400°C dan holding time 20 menit, 60 menit dan 120 menit. Pengujian yang dilakukan adalah komposisi kimia, struktur mikro, kekerasan dan korosi. Pengujian kekerasan dilakukan dengan menggunakan mesin uji kekerasan rockwell. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan kekerasan pada baja AISI 1045 setelah dilakukan proses pack carburizing yang diquenching oli SAE 20 dan dilanjutkan dengan proses tempering. Kekerasan tertinggi pada sampel A2 60,4 dengan nilai 192 kgf/mm2. Sedangkan nilai kekerasan tertinggi pada sampel raw dengan nilai 229 kgf/mm2
Uncontrolled Keywords: suhu, holding time, tempering, kekerasan, laju korosi,temperature, holding time, tempering, corrosion rate
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:56
Last Modified: 25 May 2022 13:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item