Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN PEGADINGAN 1 (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V SDN Pegadingan 1 Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang).

ALAWIYAH, SARIFATUL (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN PEGADINGAN 1 (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V SDN Pegadingan 1 Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KE~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

This research is aimed to know the different of student’s cognitive by Strategy Learning Improving Thinking Abilityinlearning conventional. The methodology of this research is quasi experimental with Noneequivalent Control Grup Design. Cluster Random in non probabliy sampling technique is used as research method. The writer takes VA as experimental class and VB as control class. The result of the research is seen by the average score. The result of the beginning score of experimental class and control class are 57,6 and 53,14. In another hand the result of the last score of experimental class and control class are 53,9 and 50,2. Based on the test result, there is the not are different to the result of student’s cognitive which is use learning strategy to improve their thinking ability in using learning conventional. It has been proved 64≤ 137,5≤64. So, it explains that Ho is acceptedand Ha is refused. that shows Ho is acceptedand Ha isrefused. In conclusion, the result shows there is not are different to student’s cognitive by using strategy learning improving thinking ability and using conventional model learning.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSari Dewi, Ratna198105052005012002
Thesis advisorRahman Hakim, Zerri198003312010121002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dengan model pembelajaran konvensional. Metodologi penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Teknik penarikan sampel yang digunakan ialah Cluster Random dengan teknik non probabliy sampling. Pada penelitian ini kelas VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata hasil awal peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 57,6 dan 53,14, nilai rata-rata hasil akhir peserta didik pada kelas eksperimen yaitu: 53,9 dan 50,2. Berdasarkan hasil perhitungan tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pesreta didik yang menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpkir dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dibuktikan pada uji dua pihak 64 ≤ 137,5 ≤64 maka Ho diterima dan Ha ditolak.. Diperoleh simpulan dari hasil penelitian yakni tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dengan model pembelajaran konvensional.
Uncontrolled Keywords: Learning Strategy That Improves Thinking Ability, the result of student’s cognitive, social study, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir, Hasil Belajar Kognitif. Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:57
Last Modified: 24 May 2022 10:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12202

Actions (login required)

View Item View Item