Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DAN INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Kota Cilegon)

Tri Prihati, Intan (2014) PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DAN INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Kota Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN SISTEM PENGENDALI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This study aims to examine the influence of business strategy and market orientation on firm performance directly and indirectly. Where the use of cost leadership strategy is moderated by finance-based management control systems (diagnostic control system) and a differentiation strategy is moderated by the control system based on non-financial management (interactive control system), while in the intervening market orientation by strategic management accounting. The population of this study were all middle managers in Cilegon. The total sample of 250 middle managers, who are selected using purposive sampling method. This study uses data collected from the results of questionnaires sent to the manufacturing company in Cilegon are being sampled. Software PLS is used as a tool to test this hypothesis. The findings of this study are: business strategy either cost leadership or differentiation affect directly and indirectly on the performance of the company, in which the control system based management of financial and non-financial moderate the relationship between business strategy and firm performance in Cilegon manufacturing company. While the direct effect of market orientation on firm performance, but strategic management accounting not proven to be a mediation or intermediary relationship between market orientation and corporate performance.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIsmail, Tubagus197312302001121001
UNSPECIFIEDArifin, Bustanul197310172001121003
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang pengaruh strategi bisnis dan orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan secara langsung dan tidak langsung. Dimana dalam penggunaannya strategi cost leadership dimoderasi oleh sistem pengendalian manajemen berbasis keuangan (diagnostic control system) dan strategi diferensiasi dimoderasi oleh sistem pengendalian manajemen berbasis non keuangan (interactive control system), sementara orientasi pasar di intervening oleh strategis akuntansi manajemen. Populasi penelitian ini adalah seluruh middle manajer di Kota Cilegon. Jumlah sampel sebanyak 250 middle manajer, yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan dari hasil penyebaran kuesioner yang dikirim ke perusahaan manufaktur di Kota Cilegon yang menjadi sampel. Software PLS digunakan sebagai alat bantu untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian ini adalah: strategi bisnis baik cost leadership maupun diferensiasi berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja perusahaan, dimana sistem pengendalian manajemen berbasis keuangan dan non keuangan memoderasi hubungan antara strategi bisnis dan kinerja perusahaan di perusahaan manufaktur di Kota Cilegon. Sementara orientasi pasar berpengaruh langsung terhadap kinerja perusahaan, namun strategis akuntansi manajemen tidak terbukti menjadi mediasi atau perantara hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja perusahaan
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Orientasi Pasar, Sistem Pengendalian Manajemen, Kinerja Perusahaan.Business Strategy, Market Orientation, Management Control Systems, Corporate Performance
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 62201-Program Sarjana Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:45
Last Modified: 24 May 2022 09:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item View Item