Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PELATIHAN LAS DASAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGELASAN BAGI PESERTA PELATIHAN DI BALAI PELAYANAN PENDIDIKAN NON FORMAL (BPPNF) PROVINSI BANTEN

HANDAYANI, TUTI (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN LAS DASAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGELASAN BAGI PESERTA PELATIHAN DI BALAI PELAYANAN PENDIDIKAN NON FORMAL (BPPNF) PROVINSI BANTEN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
EFEKTIVITAS PELATIHAN LAS DASAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan pelatihan las dasar di BPPNF Provinsi Banten (2) Bagaimana efektivitas pelatihan las dasar dalam meningkatkan keterampilan pengelasan bagi peserta pelatihan di BPPNF Provinsi Banten (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelatihan las dasar dalam meningkatkan keterampilan pengelasan bagi peserta pelatihan di BPPNF Provinsi Banten. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang efektivitas pelatihan las dasar. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1) observasi (2) wawancara (3) studi dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data, dan verikasi. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut : (1) Pelaksanaan dalam pelatihan las dasar ada tiga tahap pertama yaitu perencanaan, kedua adalah pelaksanaan dan ketiga ialah evaluasi. (2) Efektivitas pada pelatihan las dasar ini belum maksimal karena hasil akhir yang di dapat dari peserta pelatihan dalam peningkatan keterampilan pengelasan yaitu sebesar 60% berhasil dan sisanya 40% bisa dikatakan tidak sesuai harapan. (3) Faktor pendukung dalam pelatihan ini adalah tutor/instruktur yang dipilih pada pelatihan ini sudah ahli dan berpengalaman dibidang pengelasan, sarana dan prasarana pada pelatihan las dasar di BPPNF Provinsi Banten cukup memadai. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi merupakan bagian dari pelaksanaan pelatihan las dasar di BPPNF Provinsi Banten dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan pada pelatihan yang selanjutnya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang benar akan menghasilkan keluaran yang baik serta bermanfaat bagi para pelaku dalam meningkatkan kecakapan hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorArdie, Romli195608121984031002
Thesis advisorNaim, Mochamad196506062002121001
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Las Dasar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 14:41
Last Modified: 12 Apr 2022 14:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item