Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI POGRAM SEKOLAH TERBUKA DI YAYASAN SOSIAL BINA WANITA BAHAGIA KOTA SERANG

Yunaeni, Yunaeni (2014) PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI POGRAM SEKOLAH TERBUKA DI YAYASAN SOSIAL BINA WANITA BAHAGIA KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM SEKOLAH TERBUKA DI YAYASAN SOSIAL BINA WANITA BAHAGIA K.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (14MB)

Abstract

Banyaknya anak-anak yang terlantar di jalan adalah salah satu bukti masih buruknya kondisi sosial ekonomi bangsa kita. kondisi ekonomi yang memaksa mereka untuk tidak mengenyam pendidikan, sementara pendidikan adalah kunci utama untuk memperbaiki kondisi penerus bangsa ini. Oleh karena itu, Yayasan Bina Wanita Bahagia sebagai salah satu yayasan yang tergerak untuk mengembangkan pendidikan alternatif dalam bentuk Sekolah Terbuka. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemberdayaan anak jalanan melalui sekolah terbuka di Yayasan Sosial Bina Wanita Bahagia (2) hasil pemberdayaan anak jalanan melalui Sekolah Terbuka di Yayasan Bina Wanita Bahagia di kota serang, dan (3) faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi dalam pelaksanaan program Sekolah Terbuka di Yayasan Sosial Bina Wanita Bahagia. Penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang pemberdayaan anak jalanan melalui sekolah terbuka di Yayasan Bina Wanita Bahagia di Kota Serang. Dalam penelitian ini dengan penelitian kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1) observasi; (2) wawancara; (3) dan dokumentasi. Langkah-langkah pengumpulan data yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir (member check). Adapun teknik pengolahan dan analsis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data, tahap verifikasi, dan validitas data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) pemberdayaan yang dilakukan oleh yayasan bina wanita bahagia melalui sekolah terbuka ini ditekankan pada pemberian pelatihan dan keterampilan. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan kapasitas intelektualnya serta menyalurkan bakat dan keterampilan yang mereka miliki. (2) hasil dari pemberdayaan pada anak jalanan di yayasan bina wanita bahagia dari perubahan pada anak jalanan baik dari segi prilaku, sikap dan akhlak yang lebih baik. (3) Ada faktor yang mempengaruhi pemberdayaan anak jalanan melalui sekolah terbuka diantaranya ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu semangat tutor,kebersediaan anak jalanan untuk di bina, motivasi anak jalanan yang sangat tinggi,dukungan masyarakat, dukungan dari orang tua anak jalanan dan adanya sarana yang menetap. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya media belajar, latar belakang pendidikan tutor, faktor ekonomi anak jalanan, kurangnya sumber dana dan kurangnya fasilitas yang memadai

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, Irwan195410081987031001
Thesis advisorNaim, Mochamad196506062002121001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 14:39
Last Modified: 12 Apr 2022 14:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12179

Actions (login required)

View Item View Item