Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STAD (Student Teams Achievemen Division) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Cilegon)

POPPY TAHATI, ANGGY (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STAD (Student Teams Achievemen Division) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Cilegon). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMEN DIVISION) DENGAN PENDEKA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada jenjang pendidikan menengah menurut Standar Isi pada Kurikulum 2013. Salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dirasa cukup efektif untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan pembelajaran model STAD (Student Teams Achievemen Division) dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model STAD dengan pendekatan saintifik dan siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik, (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan peningkatan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model STAD dengan pendekatan saintifik dan siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik, (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan peningkatan kemandirian belajar siswa lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Thesis advisorAsih VY, Indhira196906292003122001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Model STAD (Student Teams Achievemen Division) dengan pendekatan saintifik, kemampuan pemahaman konsep, kemandirian belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 14:28
Last Modified: 12 Apr 2022 14:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12173

Actions (login required)

View Item View Item