Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBELAJARAN FINGER PAINTING PADA SENTRA SENI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK DEWI SARTIKA ANGSANA – PANDEGLANG

Wijaya Pertiwi, Yosi (2014) PEMBELAJARAN FINGER PAINTING PADA SENTRA SENI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK DEWI SARTIKA ANGSANA – PANDEGLANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PEMBELAJARAN FINGER PAINTING PADA SENTRA SENI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TAMAN KANA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (6MB)

Abstract

Finger Painting merupakan suatu gerakan motorik yang global bagi anak dimana seluruh badan seakan-akan ikut terlibat melakukan gerakan itu. Pembelajaran finger painting diarahkan pada pengembangan kreativitas dan keterampilan anak serta pembentukan kepribadian anak sesuai dengan tingkat perkembangan usia dan karakter anak. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran finger painting pada sentra seni ditaman Kanak-kanak Dewi Sartika Angsana Pandeglang. (2) Bagaimana hasil pembelajaran finger painting dalam meningkatkan kreativitas anak ditaman kanak-kanak Dewi Sartika Angsana Pandegang. (3) Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat pembelajaran finger painting pada sentra seni dalam meningkatkan kreativitas anak ditaman kanak-kanak Dewi Sartika Angsana Pandeglang. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Dewi Sartika kecamatan Angsana kabupaten pandeglang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan study dokumentasi.Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa pembelajaran finger painting pada sentra seni di Taman Kanak-kanak Dewi Sartika terdapat 16 peserta didik belum menguasai (BM), 9 peserta didik mulai menguasai (MM), dan 7 peserta didik sudah menguasai (SM). Faktor pendukung dalam pembelajaran finger painting silabus, RKM, RKH, tutor. Sedangkan faktor penghambat minat belajar peserta didik, kreativitas tutor, media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSholih, Sholih196006141987021002
Thesis advisorArdie, Romli195608121984031002
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 14:23
Last Modified: 12 Apr 2022 14:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12171

Actions (login required)

View Item View Item