Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI HOMESCHOOLING KAK SETO JAKARTA SELATAN

FITRIANA, AJENG (2016) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI HOMESCHOOLING KAK SETO JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif Dalam Mengembangkan Potensi Anak di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan”. Undang – Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat tiga jalur pendidikan yakni formal, nonformal dan informal. Berdasarkan Undang – Undang tersebut maka orang tua atau keluarga dapat menyelenggarakan pendidikan anak di rumah dengan jalur informal melalui homeschooling. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keluaran (output) dan dampak (outcome) dari pelaksanaan program ini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember s.d Februari 2016 di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan studi dokumentasi, dengan subyek penelitian yakni pengelola homeschooling, tutor, dan homeschooler. Tahapan dari penelitian ini yakni tahap orientasi, tahap eksplorasi dan tahap member check. Tehnik analisis data penelitian menggunakan model analisa data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan homeschooling di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan dapat dikatakan efektif sebagai pendidikan alternatif didalam mengembangkan potensi anak dengan tercapainya aspek-aspek pembelajaran secara efektif dan optimal yang meliputi tiga tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Keluaran (output) langsung dari Homeschooling Kak Seto yakni academic excellenxe, comumunity builder dan good character. Selain itu dampak (outcome) yang dihasilkan dari Homeschooling Kak Seto yakni dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dapat belajar secara mandiri dan mampu memberjalankan orang lain serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Dengan begitu penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan agar orang tua peserta didik harus selalu berkoordinasi dengan Badan Tutorial di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan, agar program pembelajaran di rumah ini dapat berjalan dengan efektif dan optimal. Serta Lembaga Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan dapat melengkapi sarana dan prasarananya terutama kelengkapan koleksi buku perpustakaan. Selain itu agar dampak (outcome) pelaksanaan program homeschooling ini dapat dirasakan efektifitasnya bagi peserta didik yang bermasalah maka pembiayaan pembelajaran di pendidikan homeschooling diharapkan lebih terjangkau, tidak hanya untuk golongan keluarga menengah ke atas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031003
Thesis advisorNaim, Mochamad195807211986101001
Uncontrolled Keywords: Homeschooling, Pendidikan Alternatif.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 14:24
Last Modified: 12 Apr 2022 14:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12169

Actions (login required)

View Item View Item