Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA PEKERJA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA TAMAN BARU KOMPLEK KS KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG

Kuartanti M.S, Kuartanti M.S (2016) DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA PEKERJA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA TAMAN BARU KOMPLEK KS KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA PEKERJA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Keluarga mempunyai peranan penting dalam mengembangkan potensi anak tempat dimana anak memperoleh pengalaman pertamanya sangat menentukan perkembangan sosial emosional anak. Pada saat sekarang, kenyataannya adalah berkurangnya perhatian kepada anak dikarnakan kedua orangtuanya bekerja dan mengakibatkan terbatasnya hubungan interaksi orang tua dengan anaknya. Sedangkan pada usia dini anak sangat membutuhkan perhatian lebih dari orang tuanya terutama untuk perkembangan kepribadiannya. Berdasarkan uraian tersebut. Peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan fokus penelitian sebagai berikut 1). Bagaimana pengetahuan atau pemahaman orang tua mengenai pola asuh anak dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di Desa Taman Baru Kecamatan Taktakan? 2). Bagaimana hail pola asuh orang tua yang bekerja di Desa Taman Baru Kecamatan Taktakan? 3). Bagaimana faktor penghambat dan pendukung tentang perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun yang orang tuanya bekerja di Desa Taman Baru Kecamatan Taktakan? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini dipilih secara purporsif (sesuai dengan tujuan) yang berjumlah 3 keluarga. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data mengenai: 1). Pengetahuan orang tua dalam memahami pola asuh dan perkembangan sosial emosional sangatlah kurang, walaupun latar belakang pendidikan cukup baik dan tidak ada keinginan untuk mencari informasi mengenai hal tersebut. 2). Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yang bekerja dengan menerapkan pola asuh authoritative dan permissive indulgent. 3). Perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun yang orang tuanya bekerja mengalami hambatan dalam pencapaiannya. Pentingnya pola asuh orang tua memiliki pemahaman yang baik terhadap pola asuh anak, sehingga anak akan mencapai tahapan perkembangan sosial emosional yang dimilikinya dengan baik. Oleh karena itu bagi orang tua pekerja, diharapkan dapat membagi waktu bekerjanya untuk lebih banyak meluangkan waktunya dengan anak, agar anak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang menjadi hak mereka di dalam keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHanafi, Syadeli195608121984031002
Thesis advisorFaturrohman, Nandang195807211986101001
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 09:32
Last Modified: 12 Apr 2022 09:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12107

Actions (login required)

View Item View Item