Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH COATING BREAKDOWN DAN MEDIA TANAH TERHADAP CURRENT DENSITY YANG DIBUTUHKAN DI PIPA API 5L HASIL COATING WRAPPING TAPE PADA APLIKASI IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION (ICCP)

Sekti, Dipo Wiro (2016) PENGARUH COATING BREAKDOWN DAN MEDIA TANAH TERHADAP CURRENT DENSITY YANG DIBUTUHKAN DI PIPA API 5L HASIL COATING WRAPPING TAPE PADA APLIKASI IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION (ICCP). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH COATING BREAKDOWN DAN MEDIA TANAH TERHADAP CURRENT DENSITY YANG DIBUTUHKAN DI PIPA AP.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam dunia industri saat ini khususnya industri sektor perminyakan ataupun gas, penggunaan pipa sebagai alternatif transportasi dalam hal pemindahan dari sektor pertambangan, menuju sektor produksi, kemudian sektor pengolahan sudah banyak digunakan, namun pada saat pengaplikasiannya, instalasi pipa dapat terjadi kebocoran yang dikarenakan fenomena korosi material. Metode proteksi coating wrapping tape menjadi pilihan untuk perlindungan pipa dari serangan korosi. Pada aplikasinya lingkungan yang dilewati instalasi pipa sangatlah beragam, seperti resistivitas tanah sangatlah mempengaruhi lifetime coating tersebut. Fenomena ini disebut juga coating breakdown sehingga ini akan memicu terjadinya korosi pada pipa. Pada sistem impressed current cathodic protection, kondisi struktur pipa yang ingin diproteksi sangatlah berpengaruh. Salah satu permasalahan dari proteksi katodik arus tanding adalah akan berpengaruhnya besar current density yang diberikan serta penyusutan arus yang terjadi pada struktur yang ingin dilindungi seiring bertambahnya nilai coating breakdown pada struktur tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh resistivitas tanah pada pipa dengan coating wrapping tape terhadap besarnya current density yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resistivitas tanah pada pipa dengan coating wrapping tape menggunakan media tanah Merah, tanah Pasir, tanah Kapur terhadap besarnya nilai current density yang diperlukan pada potensial proteksi dengan variasi coating breakdown yaitu 40%, 40,96%, 41,92%, 42,88%, 43,84% serta atenuasi yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa semakin tingginya nilai resistivitas tanah maka akan dibutuhkan current density yang semakin besar, serta semakin besar nilai coating breakdown maka semakin besar atenuasi yang terjadi. Kata Kunci : Pipa, Coating Wrapping Tape, Coating Breakdown, Current Density, Impressed Current Cathodic Protection, Atenuasi, Soil Resistivity, API 5L

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFitrullah, MuhammadUNSPECIFIED
Thesis advisorDwiyanti, YanyanUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201-Program Sarjana Manajemen
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:10
Last Modified: 12 Apr 2022 06:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item