Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Utami, Putri Annisa Dwi (2016) CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJAR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu menceritakan seorang anak yang mengalami trauma seksual dan kekerasan yang dilakukan oleh ibu kandung di masa kecilnya, sehingga Nayla tumbuh menjadi anak yang lebih menunjukan sifat maskulin dibandingkan dengan sifat femininya. Penelitian yang berbasis konflik kejiwaan pada tokoh perempuan ini sangat tepat apabila dikaji dengan menggunakan pendekatan feminisme psikoanalisis. Masalah yang coba dipecahkan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana aspek citra permpuan dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu. (2) apakah hasil penelitian dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu dengan analisis aspek perempuan dapat dijadikan bahan pembelajaran di SMA kelas XI. Sumber penelitian ini adalah novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu yang diterbitkan tahun 2012 dengan 180 halaman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teori Feminisme Psikoanalisis Sigmun Freud. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu, citra perempuan dalam aspek fisik pada tokoh Nayla yaitu gendut, memiliki kulit yamg kering karena ia tidak pernah mau merawat dirinya. Berbeda dengan tokoh Ibu yang selalu merawat dirinya agar laki-laki takluk padanya. Dalam aspek psikis Nayla mempunyai sifat yang pemalas, membangkang serta suka minum minuman keras, sedangkan tokoh Ibu ia adalah perempuan yang otoriter dalam mendidik Nayla. Ibupun mempunyai sifat yang keras kepala. Pendekatan kritik sastra feminisme psikoanalis juga tergambar pada tokoh Nayla yang pada masa kecilnya didominiasi oleh tokoh Ibu yang otoriter. Akibatya adalah Nayla mengalami Oedipus Komplex. Hasil analisis dan temua pada penelitian ini dimanfaatkan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMA di kelas XI dengan Standar Kompetensi (SK) “memahami berbagai hikayat novel Indonesia/terjemahan” dan kompetensi dasar (KD) “menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ektrinsik novel Indonesia/terjemahan”.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarif, Chusaery Rusdi195212122003121001
Thesis advisorSenjaya, Arip197902012005011003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:37
Last Modified: 12 Apr 2022 05:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12081

Actions (login required)

View Item View Item