Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

CITRA SOSIAL BUDAYA MELAYU DALAM NASKAH DRAMA ANAK RANTAU KARYA DIAN TRI LESTARI DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA

HADIE, EKA PERMANA (2015) CITRA SOSIAL BUDAYA MELAYU DALAM NASKAH DRAMA ANAK RANTAU KARYA DIAN TRI LESTARI DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
CITRA SOSIAL BUDAYA MELAYU DALAM NASKAH DRAMA ANAK RANTAU KARYA DIAN TRI LESTARI DAN RENCANA PEMB.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Karya sastra dapat dikatakan sebagai pemodelan kisah hidup umat manusia yang tertuang dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam sifat alamiahnya sastra bagian dari seni memiliki nilai artistik dan keindahan dalam isinya serta bersifat imajinatif. Sastra sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial. Melalui analisis citra sosial budaya ini, penulis ingin mengetahui apakah penelitian tersebut dapat dijadikan bahan pembelajaran di SMA, sehingga siswa mampu mendeskripsikan keterkaitan isi naskah drama dengan nilai-nilai sosial budaya yang termuat didalamnya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana citra sosial budaya yang terjadi dalam naskah drama Anak Rantau karya Dian Tri Lestari?. 2) Apakah naskah drama Anak Rantau karya Dian Tri Lestari dapat dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran drama di SMA?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini berdasarkan rumusan masalah diatas yaitu sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan keterkaitan antara isi naskah drama dengan nilai sosial budaya yang termuat di dalamnya. 2) Mengetahui apakah naskah drama Anak Rantau karya Dian Tri Lestari dapat dijadikan bahan pembelajaran drama di SMA. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik penelitian: teknik studi pustaka, teknik simak dan catat, dan teknik analisis data. Akhirnya berdasarkan hasil analisis, penulis menyampaikan simpulan bahwa: 1) Naskah drama Anak Rantau karya Dian Tri Lestari memiliki unsur budaya Melayu. 2) Ketika membaca naskah drama Anak Rantau karya Dian Tri Lestari, kita dapat merasakan adanya refleksi mengenai kehidupan masyarakat Melayu di Indonesia. 3) Naskah drama Anak Rantau karya Dian Tri Lestari cocok dijadikan sebagai media pembelajaran sastra di SMA. Karena nilai-nilai sosial budaya yang terkandung dalam naskah drama tersebut bias dijadikan pelajaran untuk para siswa, selain tentunya memperkaya khazanah kesusastraan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarif, Chusaery Rusdi19521212200312001
Thesis advisorSupena, Ahmad197804232008011010
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Apr 2022 00:23
Last Modified: 12 Apr 2022 00:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item