Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KONVERGENSI PADA RADIO DI KOTA SERANG BANTEN (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Pada Radio Xchannel 103.2 FM di Kota Serang Banten)

ANGGRAINI, NOVITA DEWI SUCI and Sihabudin, Ahmad and Septa, Ronny Yudhi (2018) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KONVERGENSI PADA RADIO DI KOTA SERANG BANTEN (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Pada Radio Xchannel 103.2 FM di Kota Serang Banten). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (NOVITA DEWI SUCI ANGGRAINI 6662140291)
SKRIPSI LENGKAPP - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Novita Dewi Suci Anggraini. 6662140291. SKRIPSI. Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Konvergensi Pada Radio Di Kota Serang Banten (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Pada Radio Xchannel 103.2 FM Di Kota Serang Banten). Pembimbing I: Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin dan Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa P, M.Si Radio merupakan salah satu media yang harus bertahan di era digital. Untuk dapat bertahan di dunia media, radio Xchannel 103,2 FM melakukan konvergensi. Konvergensi media dilakukan oleh Xchannel yaitu dengan cara menggunakan media digital atau media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial sebagai strategi konvergensi pada radio di Kota Serang Banten khususnya Xchannel. Penelitian ini dilakukan di Serang selama 2 (dua) bulan yang dimulai pada 17 Juni 2018 sampai dengan 15 Agustus 2018. Peneliti menggunakan teori Niche (ekologi media) untuk menjabarkan 3 sumber utama penunjang hidup media, yakni capital, types of content, dan types of audiences. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, pengumpulan dokumen serta wawacara dengan divisi media sosial dan marketing radio Xchannel. Hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada semua informan menunjukan bahwa radio Xchannel berkonvergensi dengan menggunakan media sosial dan merupakan media radio yang cukup aktif dalam menggunakan media sosial. Beberapa akun media sosial milik Xchannel dirancang kreatif dan inovatif, hal tersebut dilakukan selain untuk mempertahankan pendengar setianya namun juga dipercaya dapat memperluas jaringan pendengar dengan mendapatkan penggemar baru, serta memperoleh pemasukan iklan yang lebih tinggi. Kata kunci: Radio, Konvergensi Media, Eksistensi Radio, Media sosial, Jejaring Sosial, Strategi Radio

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Novita Dewi Suci Anggraini. 6662140291. THESIS. The Uses Of Social Media as a Strategy to Convergence on Radio in Serang, Banten (Study Descriptive Of The Uses of Social Media at Xchannel 103,2 FM Radio in Serang, Banten). Advisor I: Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin and advisor II: Ronny Yudhi Septa P, M.Si. Radio is one of the media that must survive in this digital era. To survive in the media world, Xchannel 103,2 FM began to converge. Media convergence Xchannel radio is done by using digital media or social media. The purpose of this research is to explain the use of social media as a radio convergence strategy of Xchannel 103,2 FM. This research was conducted in Serang for 2 (two) months starting on June 17th, 2018 until August 15th, 2018. The research method is qualitative research method with descriptive approach through post-positivist paradigm by conducting in-depth interview technique, observation, and documentation study. The results obtained through interviews to all informants that Xchannel converged by using social media and being active in using social media. Some Xchannel social media accounts are designed creatively and innovatively, that condition are besides to retaining loyal listeners but also believed to be able to expanded the network of listeners by gaining new followers and fans. But some of social media that being used are not fully used optimally because of some limitation, one of the limitation is the lack of man power that expert in that field. Keywords: Radio, Media Convergence, Radio Existence, Social Media, Social Network, Radio Strategy
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:54
Last Modified: 16 Jan 2019 02:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item