Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS TEMATIK DALAM BUKU KUMPULAN DRAMA REMAJA EDITOR A. RUMADI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP (TINJAUAN STRUKTURAL)

Yuniar, Fatmawati (2014) ANALISIS TEMATIK DALAM BUKU KUMPULAN DRAMA REMAJA EDITOR A. RUMADI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP (TINJAUAN STRUKTURAL). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS TEMATIK DALAM BUKU KUMPULAN DRAMA REMAJA EDITOR A. RUMADI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBEL.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana unsur pembangun, dan tema yang dihadirkan dalam buku Kumpulan Drama Remaja editor A. Rumadi dan apakah naskah drama tersebut dapat dijadikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mengenai analisis tematik dalam penelitian ini adalah salah satu cara untuk memilih drama yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan jiwa remaja, agar mudah dipahami dalam pendidikan sekolah. Oleh karena itu, hasil analisis tematik dengan tinjauan struktural dalam buku Kumpulan Drama Remaja editor A. Rumadi dapat menjadi alternatif bagi pendidik untuk menggunakan naskah drama tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran drama. Adapun tujuan dari penelitian ini selain diajukan untuk menempuh salah satu syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan, juga mendeskripsikan bagaimana tema yang dihadirkan dalam buku Kumpulan Drama Remaja editor A. Rumadi, serta apakah naskah drama dalam buku tersebut dapat dijadikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMP kelas VIII. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis datanya menggunakan kajian isi dengan memakai teori tematik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tema dari tujuhbelas naskah drama dalam buku Kumpulan Drama Remaja editor A. Rumadi dapat digolongkan berdasarkan penggolongan tema secara dikhotomis, tingkatan tema menurut Shipley, dan tema dari keutamaannya. Kumpulan drama tersebut bertema seputar kehidupan sosial dunia remaja. Penelitian ini juga dapat menjadi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Thesis advisorWahid, Farid Ibnu197902072008121002
Uncontrolled Keywords: Struktural, Tematik, Kumpulan Drama Remaja, A. Rumadi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 20:49
Last Modified: 11 Apr 2022 20:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12058

Actions (login required)

View Item View Item