Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA DI KAMPUNG KRAMAT TANJUNG DESA BUNIHARA KECAMATAN ANYER KABUPATEN SERANG

WAHYU H, MUHAMMAD (2016) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA DI KAMPUNG KRAMAT TANJUNG DESA BUNIHARA KECAMATAN ANYER KABUPATEN SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA DI KAMPUNG KRAMAT TANJUNG DESA BUNIHARA KECAMATAN ANYER.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Agrotourism in Kramat Tanjung village Bunihara village consists of three agrotourism businessman. These three companies arise in both agriculture and agrotourism field. Agrotourism in Kramat Tanjung village Bunihara village built in 2012 which focuses in agrotourism business. By the time the business run, this place faces many internal and external problems. The purposes of this research are to identify the internal and external environments factors of the company and to formulate the alternative strategy to develop the business. The analysis that are used in this research are internal and external factor, IFE Matrix, EFE matrix, IE matrix, and SWOT matrix. Based on the SWOT matrix, the alternative strategy that is given to develop the agrotourism is divided into four. The first is S-O Strategy: 1) adding the other facility such as restaurant, outbound, educative tourism, so that can invite more visitors and develop the new tourism object innovatively. The second is W-O strategies, they are: 1) increasing the promotion by printed media and electronic media which are more effective, and also make a special package of the tourism for the visitor. 2) Applying train and develop the human resources. The third is S-T strategy, 1) increasing the quality of the service and product by accentuating the characteristic of its own, so that the customers feel satisfy with the service and the facility. The last strategy is W-T strategy, 1) creating managerial system, especially in the financial and operational area. 2) Do the cooperate work with the government to improve the infrastructure of the route, helping the promotion of the regional tourism.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorGunawan, Gugun196211102000121001
Thesis advisorSariyoga, Setiawan197502062005011003
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah menentukan strategi pengembangan yang dapat diterapkan perusahaan agrowisata untuk mengembangkan perusahaan. Sehingga dapat mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan, menentukan strategi yang dapat diterapan untuk mengembangkan agrowisata. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu agrowisata Kampung Kramat Tanjung Desa Bunihara. Penentuan responden dalam penelitian ini secara sengaja, respoden yang digunakan penelitian ini adalah ketiga pemilik agrowisata yang berada di Kampung Kramat Tanjung Desa Bunihara yaitu bapak Masita, bapak Ucu, bapak Wario. Analisis data menggunakan Matriks External Factors Evaluation (EFE), Matriks Internal Factors Evaluation (IFE), Matriks IE (Internal-Eksternal), dan Matriks SWOT. Hasil penelitian dapat diketahui kekuatan utama bagi agrowisata di Kampung Kramat Tanjung Desa Bunihara adalah modal milik pribadi yang dihasilkan dengan skor 0,364. Kelemahan utama adalah lokasi tidak strategis dengan skor 0,092. Peluang utama yaitu wisata sudah menjadi suatu kebutuhan dengan skor 0,340. Sedangkan ancaman utama yaitu sarana dan prasana dengan skor 0,099. Hasil matriks IE pada usaha agrowisata menunjukkan bahwa posisi agrowisata Kampung Kramat Tanjung Desa Bunihara berada pada kuadran V yaitu memiliki kemampuan internal yang sedang dan eksternal yang sedang. Perusahaan seperti ini paling baik dikendalikan dengan strategi-strategi hold and maintance (pertahankan dan pelihara). Alternatif strategi yang diberikan untuk pengembangan agrowisata Kampung Kramat Tanjung Desa Bunihara adalah Strategi S-O yaitu 1). Menambah fasilitas lainnya seperti rumah makan, outbound, wisata edukatif, Strategi W-O yaitu 1). Meningkatkan promosi melalui media cetak, elektronik yang lebih efektif, serta membuat paket khusus yang telah ditentukan, 2). Menerapkan pelatihan dan pengembangan SDM, Strategi S-T yaitu 1). Meningkatkan mutu pelayanan dan kualitas produk dengan ciri khas yang ada, Strategi W-T yaitu 1). Menciptakan sistem manajerial terutama di bidang keuangan dan operasional yang sesuai, 2). Melakukan kerjasama dengan pemerintah untuk perbaikan infrastruktur jalan, membantu promosi pariwisata daerah.
Uncontrolled Keywords: Agrotourism, and SWOT Analysis.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 19:12
Last Modified: 11 Apr 2022 19:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12056

Actions (login required)

View Item View Item