Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH RASA, AROMA, VOLUME, DAN PESAN IKLAN TELEVISI TERHADAP PEMBELIAN TEH PUCUK HARUM (Survei pada Konsumen Mahasiswa Strata Satu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

MALIA, LIA (2015) PENGARUH RASA, AROMA, VOLUME, DAN PESAN IKLAN TELEVISI TERHADAP PEMBELIAN TEH PUCUK HARUM (Survei pada Konsumen Mahasiswa Strata Satu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH RASA, AROMA, VOLUME, DAN PESAN IKLAN TELEVISI TERHADAP PEMBELIAN TEH PUCUK HARUM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

The tea packaging industry in Indonesia is growing rapidly, so the company must decide the right marketing strategy to make their business stands and wins over the competition. There are many factors were as reasons for the consumer before buying a product. This research aims were to describe the consumer‟s buying decision process and to analyze the influence of taste, flavor, volume, and television advertising message for their buying decision. The research was conducted for a month, from May to June 2015. This research used survey method and it location was selected using purposive sampling technique at UNTIRTA University in Serang. Multiple stage sampling was used to gather sampling. Total sample were 21 time frames consisting of 87 respondents. Multiple linear regression were used to analyze the data. The t-test show that there was significant relationship and positive influence between attributes taste, flavor, volume, and television advertising message variables to consumer‟s buying partially. Also F�test result proved that all independent variables influenced in stimulate to consumer‟s buying. The value of coefficient determination (adjusted R2 ) was 0,651 or 65,1%. It showed that 65,1% of consumer‟s buying could be explained by the attributes of taste, flavor, volume, and television advertising message variables. The rest 34,9% of consumer‟s buying influence by others variables that was not inquired in this research.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMulyati, Sri196107102003122001
UNSPECIFIEDBudiaji, Weksi198303082006041004
Additional Information: Persaingan di dalam industri minuman teh kemasan di Indonesia saat ini berkembang semakin pesat, sehingga perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi pasar. Perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Salah satu produsen minuman teh dalam kemasan adalah PT. Mayora Indah Tbk dengan produknya Teh Pucuk Harum. Salah satu strategi yang dapat dilakukan produsen adalah strategi produk dan strategi promosi. Strategi produk berhubungan erat dengan atribut-atribut yang melekat pada produk tersebut. Atribut-atribut inilah yang akan membedakan antara produk yang dipasarkan oleh suatu perusahaan dengan produk sejenis yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Selain itu, hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana mempromosikan produk yang dihasilkan tesebut kepada calon pembeli melalui iklan televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengambilan keputusan konsumen dan menganalisis pengaruh rasa, aroma, volume, dan pesan iklan televisi terhadap pembelian Teh Pucuk Harum. Waktu penelitian dilakukan selama satu bulan yaitu dari bulan Mei hingga Juni 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei terhadap mahasiswa Untirta strata satu. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Multiple stage sampling didapat sampel sebanyak 21 sampel waktu dan terdiri atas 87 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Adapun uji yang dilakukan meliputi uji istrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji f dan uji t), serta analisis koefisien determinasi (adjusted R²). Hasil uji t, menerangkan bahwa semua variabel independen yaitu variabel rasa, aroma, volume, dan pesan iklan televisi secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen pembelian Teh Pucuk Harum, hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung semua variabel independen > t tabel (1,98896). Hasil pengujian secara simultan (uji f) juga menjelaskan bahwa semua variabel independen (rasa, aroma, volume, dan pesan iklan televisi) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (pembelian Teh Pucuk Harum), hal ini dibutikan dari nilai F hitung (41,168) > F tabel (2,48). Pendapat konsumen mengenai keempat variabel independen tersebut adalah penting dan mempengaruhi konsumen ketika akan membeli Teh Pucuk Harum. Hasil koefisien determinasi (adjusted R2 ) yang diperoleh sebesar 0,651. Hal ini menunjukkan 65,1% pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh variabel rasa, aroma, volume, dan pesan iklan televisi sedangkan sisanya yaitu 34,9% pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Uncontrolled Keywords: taste, flavor, volume, television advertising message
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:42
Last Modified: 20 May 2022 09:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item