Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH IKLAN DI KORAN RADAR BANTEN

Handiani, Ida and Burhanudin, Burhanudin and Septa, Ronny Yudhi (2018) STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH IKLAN DI KORAN RADAR BANTEN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Ida Handiani NIM. 6662140526)
Ida Handiani NIM. 6662140526 - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ida Handiani, NIM 6662140526, Skripsi, Strategi Integrated Marketing Communications dalam mempertahankan jumlah iklan di Koran Radar Banten, Pembimbing I : Burhanudin, M.Si dan Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa, M.Si Radar Banten merupakan salah satu media cetak terbesar di Banten. Dengan jumlah pembaca dan oplah yang cukup banyak membuat Koran Radar Banten menjadi koran terbaik se-Jawa. Tetapi Di Era New media saat ini, eksistensi media cetak sedang terancam keberadaannya. Dimana perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong penggunaan internet di masyarakat. Jumlah oplah dan pengiklan Koran Radar Banten sedang mengalami penurunan tetapi tidak terlalu signifikan. Koran Radar Banten harus bersaing dengan koran lokal lainnya dalam mendapatkan pengiklan. Strategi Integrated Marketing Communications merupakan upaya untuk memberikan distribusi yang optimal dari setiap elemen perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh karenanya Koran Radar Banten menerapkan bauran komunikasi pemasaran terpadu sebagai salah satu cara strategi dalam menginformasikan dan mengkomunikasi lalu memasarkan produknya tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai Strategi Integrated Marketing Communications Dalam Mempertahankan Jumlah Iklan di Koran Radar Banten serta mengetahui hambatan dan penerapan dalam melakukan strategi Integrated Marketing Communications. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Lalu dalam penelitian ini menggunakan Teori IMC (Integrated Marketing Communications). Hasil penelitian ini adalah elemen komunikasi pemasaran sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu Koran Radar Banten dalam mempertahankan jumlah pengiklan. Seperti, Iklan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan personal. Dengan memberikan After Sale dan promo-promo menarik ketika ada momen-momen tertentu. Strategi komunikasi pemasaran terpadu menunjukan adanya keberhasilan yang memuaskan dikarenakan Koran Radar Banten mampu mempertahankan jumlah pengiklannya. Kata Kunci : Media Cetak Koran, Strategi Integrated Marketing Commuications.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Ida Handiani, NIM 6662140526, Skripsi, Integrated Marketing Communications strategyin in Maintaining the Number of Advertisements in Radar Banten Newspaper, Pembimbing I : Burhanudin, M.Si dan Pembimbing II : Ronny Yudhi Septa, M.Si Radar Banten is one of the largest print media in Banten. With a large number of readers and circulation, Radar Banten newspaper becoming the best newspaper in Java. But in these New Media era, the existence of the print media in threatened. Where the evolution of technological that developing rapidly and encourage the internet using in society. The number of circulation and advertisers of Radar Banten Newspaper is experiencing a decline but not too significant. Radar Banten newspaper must compete with other local newspaper in getting advertisers. Integrated Marketing Communications Strategy is an effort to provide optimal distribution of each element of the company in achieving the expected goals. Therefore, Radar Banten Newspaper implements an integrated marketing communications mix as one of the strategies in informing and communicating and then doing marketing their product. The purpose of this study was to found out about the integrated marketing communications strategy in maintaining the number of Advertiser in Koran Radar Banten and to found out the obstacles and the implementation of the Integrated Marketing Communications strategy. This research used a qualitative descriptive as a method. By collected the data through interviewrs, observation, and ducumentation studies. The theory concept that used in this research is the IMC Theory (Integrated Marketing Communications). The results of this research showed that Radar Banten Newspaper used marketing communications elements as an integrated marketing communiations strategy to maintaining the number of advertisers. Like, advertising, Sales promotion, public relations, personal sales by provided the”after sales” and attractive promos when there was a certain moments. The integrated marketing communications strategy showed a satisfied success because Radar Banten Newspaper was able to maintained the number of advertisers. Keywords: Newspaper Print, Integrated Marketing Communications Strategy.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Jan 2019 03:03
Last Modified: 15 Jan 2019 03:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item