Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR DAN MEDIA FOTO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUGESTIF SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA SERANG

WULANDARI, MAYA (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR DAN MEDIA FOTO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUGESTIF SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGUNAAN MEDIA KARIKATUR DAN FOTO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUGE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penggunaan media karikatur terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi sugestif siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang?”, “Bagaimanakah pengaruh penggunaan media foto terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi sugestif siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang?”, “ Bagaimana perbedaan pemelajaran menulis karangan dengan menggunakan media karikatur dan foto terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi sugestif di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang?”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII-H sebagai kelas eksperimen (kelas media karikatur), dan kelas VII-G sebagai kelas kontrol (kelas media foto). Simpulan penelitian ini, yaitu penggunaan media pemelajaran karikatur berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi sugestif siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 60,67 dan pada saat posttest menjadi 79,83 atau mengalami peningkatan sebesar 19,16 poin. Penggunaan media pemelajaran foto berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi sugestif di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 56,33 dan pada saat posttest menjadi 63,50 atau mengalami peningkatan sebesar 7,17 poin. Penggunaan media pemelajaran karikatur dan foto berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi sugestif di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang. Hal ini berdasarkan perbedaan nilai rata-rata posttestkelas eksperimen dan kontrol yang berselisih 16,33 poin. Nilai rata�rata kelas eksperimen dan kontrol yaitu 79,83 > 63,50, yang artinya terdapat perbedaan antara pengaruh penggunaan media pemelajaran karikatur dan foto terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi sugestif di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang. Sehingga dapat dipahami bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi sugestif di kelas eksperimen dengan menggunakan media karikatur lebih besar pengaruhnya dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media foto.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media karikatur, media foto, karangan deskripsi sugestif.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:41
Last Modified: 11 May 2022 13:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12028

Actions (login required)

View Item View Item