Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP INTERAKSI ANTAR ORGANISME DI MTS MIFTAHUL HAYAT WARINGINKURUNG

ISTIQOMAH, DINIATUL (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP INTERAKSI ANTAR ORGANISME DI MTS MIFTAHUL HAYAT WARINGINKURUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI0 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA P~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This study aims to determine: the effect of the use of cooperative learning model Team Assisted Individualization (TAI) on student learning outcomes in subconcepts Interaction Between Organisms in Mts Miftahul Waringinkurung.penelitian Hayat is a quasi-experimental research or quasi�experimental research design that uses randomized control group only. Cooperative Learning Model Team Assisted Individualization (TAI) as independent variables, and student learning outcomes as the dependent variable. The population in this study were all students of class VIIsemester even the academic year 2013/2014 in Miftahul Hayat Waringinkurung Mts. Samples were students of class VII of as an experimental class and VII of the two as the control class. The sampling technique performed cluster random sampling. Data collection techniques using objective tests to measure cognitive ability, observation sheet to measure psychomotor ability, and attitude questionnaire to measure students' affective abilities. Data analysis techniques using t test (t-test) to test the hypothesis. Results hypothesis at level of 95% in the amount of (0.00 <0.005) indicates that the cooperative learning model Team Assisted Individualization (TAI) affect the ability of student learning outcomes in subconcepts interaksiantar organisms in Mts Miftahul Hayat Waringinkurung.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, Sjaifuddin196803012002121000
Thesis advisorDwi Lestari, Iing197704172008122001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada subkonsep Interaksi Antar Organisme di Mts Miftahul Hayat Waringinkurung. penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian randomized control group only. Model pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VII semester genap tahun ajaran 2013/2014 di Mts Miftahul Hayat Waringinkurung. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII satu sebagai kelas eksperimen dan VII dua sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif untuk mengukur kemampuan kognitif, lembar observasi untuk mengukur kemampuan psikomotor, dan angket sikap untuk mengukur kemampuan afektif siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil hipotesis pada taraf kepercayaan 95% yaitu sebesar (0,00<0,005) menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan hasil belajar siswa pada subkonsep interaksi antar organisme di Mts Miftahul Hayat Waringinkurung
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Model Team Assisted Individualization (TAI), Learning Outcomes, Model Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:33
Last Modified: 11 May 2022 11:36
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12022

Actions (login required)

View Item View Item