Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation dan Metode Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X MA AL-Khoiriyyah Cikulur)

SAM’UN, MUHAMAD (2015) Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation dan Metode Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X MA AL-Khoiriyyah Cikulur). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation dan Metode Picture and Picture Terhadap Kemampuan .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode group investigation dan metode picture and picture terhadap hasil kemampuan menulis karangan argumentasi siswa. Penelitian ini tidak terlepas dari penggunaan metode, teknik, dan instrument penelitian. Metode dan teknik yang digunakan adalah metode eksperimen bersifat kuantitatif, teknik yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan tes kemampuan menulis karangan argumentasi , sedangkan instrument sebagai petunjuk menulis karangan argumentasi. Sementara itu objek penelitian ini adalah hasil menulis karangan siswa yang dinilai berdasarkan aspek kesesuaian judul dengan gambar, kesesuaian ide atau gagasan dengan gambar, investigasi, penulisan ejaan dan tanda baca, penggunaan kalimat, dan kerapihan tulisan. Sumber data penelitian ini adalah 40 siswa, dengan rincian kelas X A sebanyak 20 siswa dan kelas X C sebanyak 20 siswa. Berdasarkan analisis dan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas eksperimen 66,25 dan kelas kontrol 56,25, dengan perbedaan yang dihasilkan 34,12%, sedangkan uji thitung Ha diterima 4,95. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh dan terdapat perbedaan yang signifikan, berdasarkan hasil observasi perilaku peserta didik, yakni kondisi kelas sudah kondusif di kelas eksperimen sedangkan kurang kondusip di kelas kontrol dikarenakan peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru ketika pelaksanaan perlakuan metode pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan metode group investigation dan metode picture and picture, dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Uncontrolled Keywords: metode group investigation, metode picture and picture, menulis karangan argumentasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:33
Last Modified: 11 May 2022 11:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12021

Actions (login required)

View Item View Item