Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKS FEATURE PAEMBELAJARAN MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWAKELAS X SMK JAYA BUANA

Ayu S, Inneke (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKS FEATURE PAEMBELAJARAN MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWAKELAS X SMK JAYA BUANA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKS FEATURE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Media Teks Feature merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam situasi yang berorientasi pada amasalah dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kemampuan menulis siswa kelas X SMK Jaya Buana dalam menulis cerpen dengan menggunakan media teks Feature; (2) mengetahui pengaruh kemampuan menulis siswa kelas X SMK Jaya Buana dalam menulis cerpen tanpa menggunakan media teks Feature; (3) mengetahui perbedaan antara kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media teks Feature dan yang tidak menggunakan media teks Feature siswa kelas X SMK Jaya Buana. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media teks Feature dan variabel terikatnya kemampuan menulis cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Jaya Buana. Sampel Penelitian adalah kelas X TKJ B dan X TKJ C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest) dengan bentuk uraian. Teknik analisis data dengan menggunakan uji prasyarat data yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan teknik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran teks feature berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMK Jaya Buana. Misalnya terlihat pada perbedaan kemampuan menulis kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dapat dilihat dari skor rata-rata masing-masing kelompok. Rata-rata skor pretest kelompok eksperimen sebesar 38,167 dan skor rata-rata posttest 76,35 berarti terjadi peningkatan kemampuan menulis cerpen sebesar 38,183. Sedangkan pada kelompok kontrol diketahui rata-rata pretest sebesar 36,029 dan skor rata-rata posttest sebesar 63,32 yang berarti terjadi peningkatan kemampuan menulis cerpen sebesar 27,291. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran menulis cerpen akan lebih baik bila menggunakan media teks feature.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Thesis advisorHadiansyah, Firman198009022006041004
Uncontrolled Keywords: Menulis, media teks Feature, cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:33
Last Modified: 11 May 2022 11:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item View Item