Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM CITRA MANDIRI KOTA SERANG BANTEN

RUSYANTI, RENI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM CITRA MANDIRI KOTA SERANG BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Visual Study media can assist process learn to teach and function to clarify submitted/ sent message meaning, so that can reach the target of study eminently and perfect and also can push process creation learn at educative participant x’self so that can improve child creativity (pass/ through) to tell story the by using correct study media and according to growth of child. Target of this research that is to know study media base on visually, to know child creativity of usia dini in self-Supporting TK Islam image and to know influence of usage of study media base on visual to child creativity in self- Supporting TK Islam Citra Mandiri. This research was Carried out in the Islamic Nursery Citra Mandiri Housing Complex located in Banjar Agung block F5 no.12 Serang Banten Province. Observation is that the source of the entire student A and student B is 55 student, with student B sample only take just the number of student 43 children. By using the method of the survey/ Observation with each of 15 statements, the authors finally get the data, then poured through product moment correlation formula that comes with exposure descriptively. Obtained result from the calculation with a value= 0, the which means that 26 influence of Visual Learning Media based on storytelling creativity in Islamic Serang Banten kindergarten Citra Mandir, is low/ weak. This means that there are other factors that can Affect the growth of children’s creativity, in addition to using the visual media-based learning

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, Isti196402281990012001
Thesis advisorTriena Permansari, Alis198205302006042001
Additional Information: Media pembelajaran visual dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik dan sempurna serta dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik sehingga dapat meningkatkan kreativitas anak melalui bercerita tersebut dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai perkembangan anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui media pembelajaran berbasis visual, untuk mengetahui kreativitas anak usia dini di TK Islam Citra Mandiri dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap kreativitas anak didik di TK Islam Citra Mandiri. Penelitian ini dilaksanakan di Tk Islam Citra Mandiri yang terletak di Komplek Perumahan Banjar Agung blok F5 no.12 Kota Serang Provinsi Banten. Yang menjadi sumber observasi adalah seluruh siswa A dan siswa B yaitu 55 siswa, dengan sampel hanya mengambil siswa B saja dengan jumlah siswa 43 anak. Dengan menggunakan metode survey/ observasi dengan masing-masing 15 pernyataan, akhirnya penulis mendapatkan data, kemudian dituangkan melalui perhitungan rumus korelasi produtc moment yang dilengkapi dengan pemaparan secara deskriptif. Dari perhitungan tersebut didapatkan hasil dengan nilai = 0, 26 yang berarti bahwa Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Visual terhadap kreativitas anak usia dini di TK Islam Citra Mandiri Serang Banten, ternyata rendah/ lemah. Artinya masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi tumbuhnya kreativitas anak, selain penggunaan media pembelajaran berbasis visual tersebut.
Uncontrolled Keywords: Visual Media, Creativity, Quantitative Research,Media Visual, Kreativitas, Penelitian Kuantitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:33
Last Modified: 11 May 2022 11:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item