Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Teluk 2 Labuan Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2013-2014)

MAHMUDAH, LELI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Teluk 2 Labuan Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2013-2014). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V S.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

The main problem of this research is weak result of social science and the exercise of social science using media still not maximized for support learning process in SDN Teluk 2 Labuan fifth class student. The purpose of study is to describe the influence of media on student learning outcomes comic of social science in the fifth grade as well as to analyze the attitude of fifth grade student after using the comic’s medium in learning social science. This is study quasi experimental. The subject of the research is VA and VB. The instrument is a test description about 5 questions and instrument non test is observation attitudes for experimental class student. The hypothesis is influence of media use student learning outcomes comic. The hypothesis that is ttest. From the result of research the post-test analysis data post-test tcount =3.6895 and ttable = 1, 9811 with dk = 78 the level significant 5%, or count t (3.6895) > table t (1, 9811) then H0 reject and Ha accept. This means the influence of media use learning outcomes comic of social science in the fifth class. Conclusion is student learning outcomes a given subject using the comic’s medium is better and than of student who are given learning by using media images.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Thesis advisorNurhasanah, Ana197410182006042009
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS dan masih minimnya penggunaan media dalam menunjang proses pembelajaran siswa kelas V SDN Teluk 2 Labuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V serta untuk menganalisis sikap siswa kelas V setelah menggunakan media komik dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini adalah kelas VA dan kelas VB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes berupa soal uraian sebanyak 5 soal, dan instrument non tes berupa lembar observasi sikap siswa kelas ekperimen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Dari hasil penelitian didapat analisis data postes thitung =3.6895 dan ttabel = 1,9811 dengan dk = 78 pada taraf signifikan5%, atau hitung t (3.6895) > tabel t (1,9811) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media komik lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
Uncontrolled Keywords: Learning Result, Social Studies, Comic Media,Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Media Komik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:34
Last Modified: 11 May 2022 10:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item