Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar (Learning Journal) sebagai Media Refleksi Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan di SMA Negeri 5 Kota Tangerang

Zein, Fitrilia (2014) Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar (Learning Journal) sebagai Media Refleksi Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan di SMA Negeri 5 Kota Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAAN JURNAL BELAJAR (LEARNING JOURNAL) SEBAGAI MEDIA REFLEKSI TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PA~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The aim of this study was to know the effect of learning journal as a reflective media toward the student’s metacognitive ability at SMAN 5 Tangerang on the respiratory system material. The method which used was a quasi experiment with Pretest – Posttest, Non Equivalent Control Group Design. The population was XI IPA students of SMAN 5 Tangerang. There were two samples used in this study, which were students of XI. IPA 4 as control class and XI. IPA 5 as experiment class. The samples were chosen by Random Sampling technique. Metacognitive written test and metacognitive regulation questionnaire were used to collect data. Based on the result of the hypothesis test (t-test), it can be concluded that there was an effect in using learning journal as a reflective media toward the metacognitive ability of the student at SMAN 5 Tangerang. Metacognitive ability which was influenced by learning journal was metacognitive knowledge whereas on the regulation aspect, learning journal did not influenced at all.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila H, Mila197509192003122002
Thesis advisorGia Syauqiyah Fitri, Siti198107302006042002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jurnal belajar sebagai media refleksi terhadap kemampuan metakognitif siswa di SMAN 5 Kota Tangerang pada pokok bahasan sistem pernapasan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest, Non�Ekuivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5 Tangerang. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu siswa kelas XI. IPA 4 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI. IPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Tes tertulis pengetahuan metakognitif dan angket regulasi metakognitif digunakan dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) dapat disimpulkan bahwa penggunaan jurnal belajar sebagai media refleksi berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif siswa di SMAN 5 Tangerang. Aspek kemampuan metakognitif yang dipengaruhi oleh jurnal belajar adalah aspek pengetahuan metakognitif sedangkan pada aspek regulasi, jurnal belajar tidak berpengaruh
Uncontrolled Keywords: : Learning journal, metacognitive, respiratory system,Jurnal belajar, metakognitif, sistem pernapasan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:34
Last Modified: 10 May 2022 13:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12013

Actions (login required)

View Item View Item