Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI LSQ (Learning Start With a Question) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS VIII SMPN 12 KOTA SERANG

YUFRIZAL, FITRIAN (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI LSQ (Learning Start With a Question) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS VIII SMPN 12 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pengaruh Penerapan Strategi LSQ (Learning Starts with a Question) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Konsep Pertumbuha~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

The aim of the research was finding out the influence of learning starts with a question strategy utilization for students concept mastery on organism’s growth and development concept in 8th class SMPN 12 Kota Serang. The method of research was using quasi experimental with pretest-posttest control group design. Learning starts with a question strategy as independent variable and students concept mastery as dependent variable. The population of research was all students in 8th class SMPN 12 Kota Serang of academic year 2012/2013. The sample of research was class VIII-B as a control class and VIII-C as a experiment class. The sampling technique of research was using by simple random sampling. Data was collected by multiple choice tests and obsevation sheet. Data was analysed by t-test for hypothesis testing at significant level 95% (α=0,05). The result of t-test the influence of learning starts with a question strategy utilization for students concept mastery was getting significant value 0,147. Based on the result of research obtained that the learning starts with a question strategy has not influence for students concept mastery on organism’s growth and development concept in 8th class SMPN 12 Kota Serang

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila H, Mila197509192003122002
Thesis advisorSyachruroji, A.197908162005011006
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi LSQ (Learning Starts with a Question) terhadap penguasaan konsep siswa pada konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII SMPN 12 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Strategi Learning starts with a question sebagai variabel bebas dan penguasaan konsep siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Kota Serang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis pada taraf signifikansi 95% (α=0,05). Hasil uji t pengaruh penerapan strategi Learning starts with a question terhadap penguasaan konsep siswa menggunakan program SPSS 16,0 diperoleh nilai signifikansi 0,147. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan strategi LSQ (Learning Starts with a Question) terhadap penguasaan konsep siswa pada konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII SMPN 12 Kota Serang.
Uncontrolled Keywords: Learning starts with a question strategy, Concept mastery, Organism’s growth and development, Strategi learning starts with a question, Penguasaan konsep, Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:29
Last Modified: 10 May 2022 11:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item