FAUZI, AKHMAD (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMPN 1 CIRUAS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
![]() |
Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran PBI terhadap pemguasaan konsep siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SM~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
The aim of the research is for finding out the influence of using problem based instruction (PBI) model for student’s concept mastery of human respiration system in SMPN 1 Ciruas academic year 2012/2013. The method of research is used quasi experimental with the pretest-posttest control group design. The population in this research were all students in 8th class. The sampling technique of research was using by simple random sampling. The research sample was a class VIII B as experiment class and VIII D as control class. Data was collected by concept mastery test and working sheet. Data was analyzed by t-test for hypothesis testing at significant level 95%. Based on the result of research obtained that the Problem Based Instruction model influence the student’s concept mastery of human respiration system in SMPN 1 Ciruas
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem penapasan manusia di SMPN 1 Ciruas tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes penguasaan konsep dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis pada taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap penguasaan konsepsiswa pada materi sistem penapasan manusia di SMPN 1 Ciruas. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Instruction model, Student’s concept mastery, Human respiration system,Model pembelajaran Problem Based Instruction, Penguasaan konsep siswa, Sistem pernapasan manusia | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 12:30 | |||||||||
Last Modified: | 10 May 2022 11:03 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |