Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMPN 1 CIRUAS

FAUZI, AKHMAD (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMPN 1 CIRUAS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran PBI terhadap pemguasaan konsep siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SM~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

The aim of the research is for finding out the influence of using problem based instruction (PBI) model for student’s concept mastery of human respiration system in SMPN 1 Ciruas academic year 2012/2013. The method of research is used quasi experimental with the pretest-posttest control group design. The population in this research were all students in 8th class. The sampling technique of research was using by simple random sampling. The research sample was a class VIII B as experiment class and VIII D as control class. Data was collected by concept mastery test and working sheet. Data was analyzed by t-test for hypothesis testing at significant level 95%. Based on the result of research obtained that the Problem Based Instruction model influence the student’s concept mastery of human respiration system in SMPN 1 Ciruas

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila H, Mila197509192003122002
Thesis advisorSuratmi, Suratmi198212052006042002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem penapasan manusia di SMPN 1 Ciruas tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes penguasaan konsep dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis pada taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap penguasaan konsepsiswa pada materi sistem penapasan manusia di SMPN 1 Ciruas.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction model, Student’s concept mastery, Human respiration system,Model pembelajaran Problem Based Instruction, Penguasaan konsep siswa, Sistem pernapasan manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:30
Last Modified: 10 May 2022 11:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12002

Actions (login required)

View Item View Item