Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE RESITASI DAN METODE DRILL (LATIHAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FAVORITA, FEMINA (2015) PENGARUH METODE RESITASI DAN METODE DRILL (LATIHAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH METODE RESITASI DAN METODE DRILL (LATIHAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) pengaruh metode resitasidalam menulis puisi siswa kelas X SMAN 6 Kota Serang, (2)3pengaruh metode drill (latihan) dalam menulis puisi siswa kelas X SMAN 6 Kota Serang, (2) untuk mendeskripsikan perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran metode resitasidengan metode drill (latihan) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 6 Kota Serang, dan (4) penggunaan metode resitasi dan metode drill (latihan) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis siswa kelas X SMAN 6 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design.Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, studi pustaka, pretest-posttest, dan wawancara. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, penggunaan metode resitasi dan metode drill (latihan) berpengaruh terhadap hasil menulis puisi siswa SMA Negeri 6 Kota Serang tahun ajaran 2015/ 2016.Kemudian dilakukan uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat xvi sebesar 5,0714 dan sebesar 1,6706. Dengan demikian, lebih besar dari (5,0714> 1,6706) maka diterima dan ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode resitasi dan metode drill (latihan)terhadap hasil menulis puisi siswa SMA Negeri 6 Kota Serang tahun ajaran 2014/ 2015. Kata kunci: menulis, puisi, metode, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEDIWARMAN, EDIWARMAN196610052001121001
Thesis advisorHerwan, Herwan197306142003121001
Uncontrolled Keywords: menulis, puisi, metode, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 13:48
Last Modified: 11 Apr 2022 13:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item