Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL (Studi Kasus : Jl.Banten dan Jl.Ki Tapa Kota Serang)

AKBAR, MUHAMAD DIKA KURNIA (2016) ANALISIS SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL (Studi Kasus : Jl.Banten dan Jl.Ki Tapa Kota Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL ( STUDI KASUS JL. BANTEN DAN JL. KI TAPA KOTA SERANG) COVER.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

The Traffic flow around intersection of Jalan Banten and Jalan Ki Tapa in Serang City often make the conflicts causing traffic congestion. This road intersection can be catagorized into unsignalized intersection located in economic and education zones. The purpose of the study is to examine the performance of the intersections with the value of the capacity, degree of saturation, delays and opportunities quen, and the find the best solution to solve the problems that exist at the intersection. This study uses a Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 method, the data needed to analize the performance of unisignalized intersection includes primary and secondary data. Primary data is collected from road geometry condition, traffic volume and side constraints. The survey for collecting primary data was held on Wednesday, September 9, 2015. Meanwhile data secondary use the number of population of citizen from Badan Stastitik Penduduk Kota Serang. The performance analysis result of unsignalized intersection on the initial conditions obtained capacity value of = 3316,74 smp/hour, 13,283 delay det/smp, queues opportunities ranging 25,711% - 51,101%, while the degree of saturation (DS) = 0,80. Once repaired obtained capacity value of 4209,566 smp/hour degree of saturation (DS) = 0,629 of the delay 11,45 det/smp, chances queue 16,458% - 34,298. Performance of unsignalized intersection for projection of 1 to 5 years a head, in 2016 the value of DS 0,718 by performance level B in 2017 the value of the DS becomes 0,821 with performance level to B, in 2018 the value of DS 0,937 by performance level C, in 2019 the value of DS = 1,07 by performance level C, and there are 2020 values DS = 1.22 by performance level E.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPradana, Fakhruriza198107232006041002
Thesis advisorIntari, Dwi Esti198601242014042001
Additional Information: Arus lalu lintas pada persimpangan jalan Banten dan jalan Ki Tapa kota Serang sering terjadi konflik yang mengakibatkan kemacetan. Persimpangan ini termasuk kategori simpang tak bersinyal yang berada di kawasan perekonomian dan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja simpang tersebut dengan nilai dari kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian, kemudian mencari solusi terbaik untuk memecahkan masalah yang ada pada simpang tersbut. Penelitian ini menggunakan metode berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, data yang diperlukan untuk analisis kinerja simpang tak bersinyal meliputi data primer dan sekunder. Data primer didapat dari kondisi geomertik jalan, volume lalu lintas dan hambatan samping. Survei pengambilan data primer dilakukan pada hari rabu 9 September 2015. Sedangkan data sekunder berupa jumlah penduduk dari Badan Stastitik Penduduk Kota Serang. Hasil analisis kinerja simpang tak bersinyal pada kondisi awal didapat nilai kapasitas sebesar =3316,74 smp/jam, tundaan 13,283 det/smp, peluang antrian berkisaran 25,711% - 51,101%, sedangkan nilai derajat kejenuhan (DS) = 0,80. Setelah diperbaiki didapat nilai kapasitas sebesar 4209,566 smp/jam derajat kejenuhan (DS) = 0,629 nilai tundaan 11,45 det/smp, peluang antrian 16,458% - 34,298. Kinerja simpang tak bersinyal untuk proyeksi 1 sampai 5 tahun kedepan,pada tahun 2016 nilai DS 0,718 dengan tingkat kinerja B, pada tahun 2017 nilai DS menjadi 0,821 dengan tingkat kinerja menjadi B, pada tahun 2018 nilai DS 0,937 dengan tingkat kinerja C, pada tahun 2019 nilai DS 1,07 dengan tingkat kinerja C, dan ada tahun 2020 nilai DS=1,22 dengan tingkat kinerja E.
Uncontrolled Keywords: degree of saturation, queue possibility, unsignalized intersection, MKJI 1997 Derajat kejenuhan, Tundaan, Simpang tak bersinyal, MKJI 199
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 13:48
Last Modified: 11 Apr 2022 13:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11973

Actions (login required)

View Item View Item