Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 20 Kota Serang)

YULIA INGRAWATI, CUT (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 20 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MAS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

CUT YULIA INGRAWATI (2225100048), “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Alternatif pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran kooperatif Model Two Stay Two Stray (TSTS). Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Kota Serang kelas VII, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara cluster random sampling diambil sebanyak 2 kelas sample yang terpilih yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini menghasilkan skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada tiap tahap dan secara keseluruhan kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 20 Kota Serang setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS), serta untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 20 Kota Serang yang mendapat pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, Maman198209252006041001
Thesis advisorSudiana, Ria198101302008121001
Uncontrolled Keywords: TSTS, Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 10:10
Last Modified: 21 Apr 2022 10:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11970

Actions (login required)

View Item View Item