Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR SISWA PADA SUBKONSEP KELAINAN/PENYAKIT PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 5 KOTA SERANG

Nurul Akbar, Intan (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR SISWA PADA SUBKONSEP KELAINAN/PENYAKIT PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 5 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR SISWA PADA SUBKONSEP KELAINAN PENYAKIT PADA SISTEM PER~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

The purpose of this research is to know the effect of learning by problem based do student capability of thinking about sub concept of the human circulatory system. This research using quasi experiment method or pseudo experiment method with randomized control – grouf pretest – posstest design. The population of this research were student of 5th public high school Serang city grade XI, year 2012/13 the sample of this research consist of two classes, class XI IPA 3 as control class and XI IPA 4 as experiment class, using purposive sampling. Theres 5 indicators observe in sudent capability of thinking that is collect information, processing information, problem solving, formulation problems and summarize problem collecting data using observation sheet and test. The average of analysis students capability of thinking is 80,2% with good category. The conclusion of this research is: there was influance to learning by problem based to students capability of thinking about sub concept of disorder/disease of the human circulatiory system in 5th public high school Serang City

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendra Cipta, Nana197901092005011002
Thesis advisorA, Syachrurozi197908162005011006
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kecakapan berpikir siswa pada sub konsep kelainan/ penyakit pada sistem peredaran darah manusia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi experiment atau eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian Rendomized control –group pretest –posttest desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Kota Serang Tahun Pelajaran 2012 /2013. Sampel Penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 Sebagai kelas control dan XI IPA 4 Sebagai kelas Eksperimen, dalam pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling . Kecakapan Berpikir siswa yang diamati terdiri dari 5 Indikator yaitu Menggali Informasi, mengolah informasi ,memecahkan masalah, merumuskan masalah dan menyimpulkan masalah . Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Rata –rata hasil analisis kemampuan kecakapan berpikir siswa sebesar 80,2 % dengan katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Ada Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kecakapan berpikir siswa pada sub konsep kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah manusia di SMA Negeri 5 Kota Serang.
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Thinking Skills students. Pembelajaran Berbasis Masalah, Kecakapan Berpikir siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:11
Last Modified: 18 Apr 2022 06:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item