SARI, NILAM and Kania, Rd. Nia and Framanik, Naniek Afrilla (2018) NARASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN COFFEE SHOP “FILOSOFI KOPI”. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (NILAM SARI 6662140577)
NILAMSARI6662140577 - Copy.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Nilam Sari, NIM 6662140577, Skripsi, Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Filosofi Kopi, Pembimbing 1 : Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, S.IP., M.Si dan pembimbing II : Dr. Naniek Afrilla F, S.Sos, M.Si Coffee Shop Filosofi Kopi merupakan coffee shop pertama yang dibangun berdasarkan karya fiksi dan milik beberapa artis ternama di Indonesia. Tetapi kini banyak berbagai kedai kopi lain yang belakangan menjamur di Jakarta dan kotakota lain di Indonesia. Dalam komunikasi pemasaran tidak hanya memasarkan produk, perlu adanya suatu strategi yang tepat. karena strategi komunikasi pemasaran menjadi kunci sukses nya perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Oleh karena itu, Coffee Shop Filosofi Kopi menerapkan elemen komunikasi pemasaran sebagai strategi dalam mengkomunikasikan dan memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Coffee Shop Filosofi Kopi serta mengetahui hambatan dalam melakukan strategi pemasaran Coffee Shop filosofi Kopi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdapat lima informan. Kelima informan tentu mengetahui mengenai penelitian ini. Lalu dalam penelitian ini menggunakan teori IMC (Integrated Marketing Communications). Hasil penelitian ini adalah elemen komunikasi pemasaran sebagai strategi komunikasi pemasaran Coffee Shop Filosofi Kopi dalam meningkatkan menarik minat pengunjung. Seperti, Iklan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Perorangan, Pemasaran Langsung. Dengan mengikuti event-event, adanya promo paket dan potongan harga pada momen tertentu, dan ikut serta menghadiri acara televisi swasta dalam memasarkan produknya. Strategi komunikasi pemasaran Coffee Shop Filosofi Kopi menunjukan adanya keberhasilan dikarena peningkatan jumlah pengunjung Coffee Shop Filosofi Kopi terus meningkat, mampu bertahan di tengah maraknya coffee shop lain dan bahkan membuat Coffee Shop makin berkembang dengan membuka cabang di beberapa kota di Indonesaia. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, E-Marketing, Integrated Marketing Communications (IMC)
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Nilam Sari, NIM 6662140577, Thesis, Marketing Communication Strategy of Filosofi Kopi, Advisor I : Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, S.IP., M.Si and Advisor II : Dr. Naniek Afrilla F, S.Sos, M.Sc. Filosofi Kopi was the first coffee shop that was built based on fiction work and owned by several well-known celebrities in Indonesia. But now there were many other coffee shop that grew in Jakarta and other cities in Indonesia. In marketing communication, we were not only focusing on marketing the products, but there was a need to an appropriate strategy because a marketing communication strategy became a key to the success of the company in increasing the number of customers. Therefore, Filosofi Kopi applied marketing communication element as a strategy in communicating and marketing their products. The purpose of this study was to find out the marketing communication strategy that was applied by Filosofi Kopi and also to find the obstacles in doing the Filosofi Kopi's marketing strategy. This study used a qualitative descriptive research method, by collecting data through observation, interview and documentation. There were five informants in this study that were competent in the field of this study. And this study used the IMC (Integrated Marketing Communications) theory. The results of this study were the marketing communication elements as a marketing communication strategy of Filosofi Kopi in increasing or attracting the customers, like ads, sales promotion, public relations, personal sales, direct marketing, participating in events, promo packages, discounted prices at certain moments and also attending private TV shows in marketing their products. Filosofi Kopi's marketing communication strategy showed a success because the number of the customers kept on raising from time to time, able to survive in the midst of coffee shop mass and even made the coffee shop kept on growing by opening a new branch in several cities in Indonesia. Keywords : Strategi Komunikasi Pemasaran, E-Marketing, Integrated Marketing Communications (IMC) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 11 Jan 2019 02:53 |
Last Modified: | 11 Jan 2019 02:53 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1194 |
Actions (login required)
View Item |