NOVITA SARI, DIAN (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AFEKTIF SISWA PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AFEKTIF SISWA PADA KONSEP SISTEM PERE~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
The purpose of this research was to determine the effect of Think Pair Share ( TPS ) as a learning model toward the ability of student to understand the human circulatory system on class VIII SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang and affective ability as well. The method used was quasi-experimental with Randomized Control Group Pretest - Posttest Design . The study population was the entire eighth grade students of SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang City 2013/2014 with a sample of class VIII A as the experimental class and VIII E ascontrol classby random sampling technique. Understanding the concept was measured using t-test description and the ability affective measured using a questionnaire. Based on the result of t-test used a significant level of a = 0,05 indicates that the learning model Think Pair Share ( TPS ) affect understanding of the concepts and affective abilities of students
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan afektif siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitan yang digunakan yaitu Randomized Control Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelasVIII SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang tahun ajaran2013/2014 dengan sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol yang diambil secara Random Sampling. Pemahaman konsep diukur menggunakan tes uraian dan kemampuan afektif diukur menggunakan angket. Berdasarkan hasil uji-t dengan tingkat siginifikasi 0,05 menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan kemampuan afektif siswa. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share ( TPS ), understanding the concept , affective abilities, human circulatory system : Think Pair Share (TPS), pemahaman konsep, kemampuan afektif, sistem peredaran darah manusia | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 13:07 | |||||||||
Last Modified: | 15 Apr 2022 21:26 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11933 |
Actions (login required)
View Item |