Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs ALKHAERIYAH PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

MAULINA FARIDA, SELVIA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs ALKHAERIYAH PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA K~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

This research aims to know the effect of learning model thinking aloud pair problem solving (TAPPS) toward study result of environmental pollution concept in class VII MTs Al-Khairiyah 2014-2015. Research methodology is used quasi experiment class method with nonequivalent control group design experiment and 7 th class student in mts al-khairiyah. The sample of this research is 7th C class as an experiment class and 7th B class as control class. Sample is taken use random sampling technique. Collecting the data is done by using objective multiple choice tests, affective questionnaire and psychomotor observation sheet. Result of the research shows the average of students cognitive pretest is 62,3 (enaugh) and the average of students cognitive posttest is 70,0 (good). The average of affective value in experiment class is 73,5 (good). Psychomotor in experiment class value about 92,5 (high). The result of hypothesis test the effect of using TAPPS model toward students learning (cognitive, affective, psychomotor) based on t-test analysis obtained significant value 0,000<0,05 which is mean H0 is rejected. Based on result of the research can conclude that there is effect of using TAPPS model toward students learning result (cognitive, affective, psychomotor) in environmental pollution concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, Sjaifuddin196803012002131002
Thesis advisorNulhakim, Lukman197904092007101001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada konsep pencemaran lingkungan kelas VII MTs Al-khairiyah tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan menggunakan populasi siswa kelas VII MTs Alkhairiyah. Sampel penelitian adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda, angket afektif dan lembar observasi psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kognitif siswa pretest kelas eksperimen yaitu 62,3 (cukup) dan nilai rata-rata posttest 70.0 (baik). Afektif nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 73,5 (baik) dan rata-rata nilai afektif untuk kelas kontrol yaitu 64,3 (cukup). Psikomotor kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yaitu 92,3 (sangat baik) dan kelas kontrol yaitu 86,3 (sangat baik). Hasil uji hipotesis pengaruh penggunaan model TAPPS terhadap hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotor) berdasarkan analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model TAPPS terhadap hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotor) pada konsep pencemaran lingkungan.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran TAPPS, pencemaran lingungan environmental volution, study result, TAPPS model learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 21:26
Last Modified: 11 Apr 2022 21:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11928

Actions (login required)

View Item View Item